10 Menit Latihan HIIT Workout Membakar Lemak Lebih Cepat di Rumah

10 Menit Latihan HIIT Workout Membakar Lemak Lebih Cepat di Rumah. Latihan HIIT atau HIIT workout adalah bentuk latihan interval dengan intensitas tinggi.  HIIT merupakan singkatan dari high intensity interval training. Latihan olahraga ini sedang digemari di masyarakat olahraga, dikarenakan latihannya cukup menantang dengan durasi waktu latihan yang pendek. Latihan HIIT bisa dilakukan di rumah, di kantor pada jam istirahat atau ditempat terbuka seperti taman. HIIT Workout ini bisa dijadikan program diet menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak di dalam tubuh.

Latihan HIIT Workout Membakar Lemak Lebih Cepat

Bagaimana latihan HIIT workout bisa membakar lemak lebih cepat?. Mungkin pertanyaan tersebut ada di benak para pembaca dunia olahraga. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita harus pahami terlebih dahulu mekanisme latihan HIIT (high intensity interval training).
Latihan HIIT workout merupakan bentuk latihan kardio (daya tahan) intensitas tinggi yang dilakukan dengan diselingi waktu istirahat. Latihan HIIT ini sangat efektif dalam membakar lemak dengan waktu latihan yang singkat. Efek latihan HIIT dapat meningkatkan konsumsi oksigen setelahnya (afterburn effect) atau biasa disebut dengan EPOC (Excess Post-exercise Oxygen Consumption). Diungkapkan dalam website dailyburn mengenai rahasia membakar lemak dengan cepat adalah EPOC ini.
Dengan adanya EPOC atau afterburn effect setelah latihan HIIT, maka tubuh akan membakar lemak setelah latihan HIIT sebagai upaya untuk mengembalikan tubuh kepada keadaan normal setelah melakukan latihan HIIT. Upaya tubuh mengembalikan kondisi awal sangat membutuhkan energi, oleh karena itu energi yang digunakan untuk memulihkan kondisi fisik berasal dari lemak yang ada pada tubuh.
Pola latihan HIIT ini bisa berbentuk lari sprint kemudian istirahat atau bisa juga dengan aktivitas lain seperti jumping jack dsb. Dalam artikel ini akan diungkapkan 10 menit latihan HIIT yang bisa dilakukan oleh pembaca di rumah. Gerakannya tidak memerlukan alat tambahan seperti barbel, dumbbel atau beban dari luar tubuh kita.
10 Menit Latihan HIIT Workout Membakar Lemak Lebih Cepat di Rumah

10 Menit Latihan HIIT Workout Membakar Lemak Lebih Cepat di Rumah

10 Menit latihan HIIT workout ini terdiri dari 10 macam gerakan latihan dengan durasi waktu melakukan bervariasi tiap gerakannya. Ada yang dilakukan selama 1 menit, 30 detik dan 10 detik. Begitu juga dengan waktu istirahatnya yang bervariasi, ada yang 45 detik, 30 detik, 20 detik dan 10 detik. Lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.

10 Menit Latihan HIIT

1. Jumping Jack

jumping jack

Waktu pelaksanaan gerakan ini selama 1 menit dengan waktu istirahat selama 45 detik. Selama 1 menit melakukan gerakan usahakan lakukan sebanyak mungkin pengulangannya.

2. Mountain Climbers

mountain climbers
 
Lakukan gerakan mountain climbers ini selama 30 detik dengan waktu istirahatnya adalah 20 detik.

3. Plank Pikes

plank pikes
Gerakan plank pikes dilakukan selama 30 detik. Durasi istirahatnya adalah 30 detik.

4. High Knees

high knees

Latihan high knees ini diusahakan paha diangkat sejajar sehingga posisi tubuh dengan paha membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan High Knees ini selama 30 detik diselingi waktu istirhat 20 detik.

5. Crunch

crunch abs
Melakukan gerakan crunch harus benar-benar diperhatikan dalam pengaturan nafasnya, terutama dalam hal inspirasi dan ekspirasi. Banyak orang melakukan gerakan ini dengan menahan nafas, hal itu tidak dianjurkan sama sekali. Latihan Crunch dilakukan selama 10 detik dengan waktu istirahat selama 20 detik.

6. Push-up

push up

Latihan ini sangat mudah sekali dilakukan. Push up dilakukan selama 10 detik dan istirahat selama 20 detik.

7. Plank

plank
Plank dilakukan selama 20 detik dengan waktu istirahat selama 30 detik.

8. Super-man

superman exercises

Gerakan super-man dilakukan selama 30 detik dengan istirahat 20 detik.

9. Butt-kicker

butt kicker exercise
Lakukan butt-kicker ini selama 1 menit dengan durasi istirahat 30 detik.

10. Plank Jack

Lakukan latihan plank jack selama 1 menit dengan durasi istirahat 25 detik.
Kondisi tubuh pada saat melakukan 10 menit latihan HIIT workout ini harus benar-benar bugar supaya bisa maksimal dalam melakukannya. Jika kita baru pertama kali melakukan latihan ini dan merasa tidak kuat, maka waktu istirahatnya bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh kita.
Frekuensi melakukan 10 menit latihan HIIT workout minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membakar lemak tubuh.
Itulah artikel fitnes yang membahas 10 menit latihan HIIT workout membakar lemak lebih cepat di rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.
Sumber Artikel: Dunia Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *