15 Makanan yang Membuat Gemuk

Makanan yang Membuat Gemuk. Kegemukan bisa terjadi karena faktor keturunan, gaya hidup, dan faktor makanan. Jika orang tua kita termasuk gemuk, kita memiliki kemungkinan besar untuk ikut gemuk, meski bukan tidak mungkin kita bisa memiliki berat badan yang ideal. Kemudian, gaya hidup, juga berpengaruh. Jika kita lebih banyak bermalas-malasan, asyik menonton televisi seharian, dan kurang bergerak atau berolahraga, maka kita juga punya kemungkinan untuk gemuk, akibat lemak yang berkumpul.

Selain faktor keturunan dan gaya hidup, makanan yang kita konsumsi juga dapat membuat gemuk. Berikut ini makanan-makanan yang membuat badan kita melar, jika sering dikonsumsi.

Makanan yang Membuat Gemuk15 Makanan yang Membuat Gemuk

1. Pure kentang

Pure kentang bisa membuat gemuk, apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Sebagai ilustrasi, dalam setengah mangkuk saji pure kentang sudah mengandung 200 kalori.

2. Permen

Permen mungkin tampak sepele, selain bentuknya yang kecil. Tetapi makanan itu mengandung jenis lemak jahat, sementara kadar gulanya sangat tinggi. Selain permen, makanan lain yang berpotensi membuat gemuk di antaranya donat, cake, dan bolu gulung.

3. Es krim

Kenikmatan es krim selalu tampak menggoda, hingga banyak banyak orang yang kesulitan menahan hasrat untuk menikmatinya. Namun, es krim mengandung lemak tinggi, juga gula dan kalori. Hasilnya, tubuh bisa mengalami kegemukan.

4. Keripik kentang

Keripik kentang mengandung garam yang sangat tinggi, selain lemak, gula, dan kalori. Yang juga perlu diperhatikan, keripik kentang mengandung banyak bahan pengawet, perasa, dan pemanis buatan, yang jelas-jelas dapat merugikan kesehatan.

5. Daging olahan

Daging olahan, semisal hotdog, sosis, dan daging olahan sejenisnya, memang praktis untuk disajikan. Sayangnya, daging olahan mengandung memiliki kadar garam sangat tinggi, dan juga mengandung lemak jahat.

Baca Juga => Penyebab dan Cara Mengatasi Kekurangan Cairan Tubuh (Dehidrasi)

6. Gorengan

Makanan gorengan yang biasa kita peroleh di piggir jalan umumnya menggunakan minyak yang tidak di ganti setiap menggoreng. Akibatnya, kandungan lemaknya sangat tinggi, serta kurang terjamin kebersihannya.

7. Makanan cepat saji

Makanan cepet saji memisal hamberger, kentang goreng, dan lainnya, memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, serta kalori yang sama tingginya. Sementara kandungan nutirisi yang menyehatkan dalam makanan cepet saji nyaris tidak ada.

8. Minuman bersoda

Minumam bersoda memang menyegarkan, apalagi jika dimunum saat siang terik. Sayangnya, minuman bersoda sama sekali tidak mengandung nutrisi, selain hanya mengandung gula, sodium, dan kalori.

9. Sereal

Sereal mengandung karbohidrat sangat tinggi, dan semakin menjadi ancaman jika dikosumsi dengan rasa manis dari gula. Menjdai ancaman, karena berpotensi meninkatkan gula darah, dan enyebabkan tubuh menimbun lemak.

10. Susu

Susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh, namun susu juga mengandung lemak yang sangat tinggi, yang akan menambah kadar lemak dalam tubuh. Karenanya, jika memang ingin mengambil manfaat kalsiumnya, atau minimal yang sudah dikurangi kadar lemaknya.

11. Kuah daging

Kuah daging suka menjadi penambah rasa makan siang atau makan malam, sehingga lebih mengundang selera. Sayangnya,kuah daging mengandung lemak dan karbohidrat yang sama-sama tingginya.

12. Roti

Roti yang paling berpotensi membuat badan gemuk adalah roti yang terbuat dari tepung yang telah mengalami proses penghalusan, sehingga kandungan lemak dan karbohidratnya sangat tinggi. Kalau ingin yang lebih baik, cobalah mengonsumsi roti gandum, sehingga dapat bermanfaat dari seratnya.

13. Whipped cream

Whipped cream sering dipakai sebagai penghias pada jus stroberi dan dressing salad, semuanya mengandung lemak tinggi, sehingga akan menjadi kalori yang sangat tinggi jika tercampur dengan makanan sehat yang kita makan. Sebaiknya, jika mengonsumsi makanan sehat, tidak usah dibumbui aneka krim atau topping.

14. Mayones

Mayones mangandung sekian banyak ikatan lemak di dalamnya. Karenanya, jika Anda termasuk penyuka mayones, sebaiknya gunakan sedikt saja.

15. Kopi instan

Kopi instan telah menjadi bagian hidup banyak orang, hingga bisa dibilang nyaris ada di rumah kita. Cara penyajiannya pun praktis, karena tinggal menuangkan air panas. Sayangnya, minuman yang enak dan praktis itu mengandung banyak lemak.

Itulah artikel mengenai 15 makanan yang membuat gemuk. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *