16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori. Memiliki tubuh langsing merupakan sebuah idaman bagi setiap orang, terutama bagi wanita. Berusaha memiliki tubuh langsing bagi wanita menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan penampilan dan percaya dirinya. Cara sehat untuk membentuk tubuh langsing adalah dengan membakar kalori yang ada di dalam tubuh menjadi energi gerak untuk berolahraga. Olahraga atau latihan yang bisa dilakukan pada saat ini adalah 16 menit latihan HIIT yang sedang populer.

Apa sih Latihan HIIT itu?

Pertanyaan tersebut mungkin akan muncul dalam benak pembaca dunia olahraga. Banyak dikalangan penggiat olahraga pada saat ini melakukan latihan HIIT sebagai cara cepat membakar lemak. Bahkan tempat fitness atau gym di kota besar, banyak yang mengadakan program latihan membakar lemak dengan cepat menggunakan latihan HIIT.

HIIT merupakan singkatan dari High Intensity Interval Training. Pengertian Latihan HIIT adalah jenis latihan kardio intensitas tinggi dengan menggunakan sistem interval dalam melakukan latihannya. Sistem interval adalah metode latihan yang diselingi istirahat diantara pengulangan gerakannya.

Ciri khas dari latihan HIIT ini adalah waktu pelaksanaan latihan yang singkat dengan kerja latihan yang maksimal sehingga cepat menimbulkan kelelahan. Biasanya durasi melakukan latihan HIIT adalah 30 detik, kemudian diselingi oleh waktu istirahat yang lebih pendek dari wakut melakukan latihan misalkan 15 detik.

Baca juga => Latihan Yoga 30 Menit di Rumah dapat Menurunkan Berat Badan dengan Singkat

Selain efektif dalam mempercepat pembakaran lemak dalam jangka waktu lama setelah melakukan latihan. Latihan HIIT ini memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kebugaran, membakar kalori dengan cepat, dan cepat membentuk tubuh langsing.

16 Menit Latihan Kardio HIIT di Rumah

Latihan 16 menit sudah bisa dikatakan sebagai latihan kardio atau biasa disebut dengan latihan aerobik. Karena sudah memenuhi batas minimal latihan kardio yaitu 10 menit.

Berikut ini adalah bentuk latihan kardio HIIT yang bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan peralatan khusus atau beban luar tubuh.

1. Power jack

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - power jack

Gerakan power jack dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu high plank jacks.

2. High Plank Jacks

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - high plank jacks

Gerakan high plank jacks dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan berikutnya yaitu jumping lunges.

3. Jumping Lunges

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - jumping lunges

Sama juga dengan gerakan sebelumnya. Gerakan jumping lunges dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu mountain climbers.

4. Mountain Climbers

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - mountain climbers

Gerakan mountain climbers dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu burpees.

5. Burpees

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - burpees

Gerakan burpees dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu ski abs.

6. Ski Abs

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - si abs

Gerakan ski abs dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 20 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu jumping jacks.

Baca juga => 70 Gerakan Latihan Kardio HIIT Workout di Rumah untuk Membakar Lemak

7. Jumping Jacks

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - jumping jacks

Gerakan jumping jacks dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 10 detik kemudian bersiap kembali melakukan gerakan yang berikutnya yaitu plank.

8. Plank

16 Menit Latihan Kardio HIIT Membentuk Tubuh Langsing dan Membakar Kalori - plank

Gerakan plank dilakukan selama 20 detik secara terus menerus, sebanyak 4 pengulangan. Istirahat diantara pengulangannya adalah 10 detik. Setelah melakukan 4 kali pengulangan, istirahat selama 10 detik kemudian lakukan pendinginan. Karena latihan plank ini merupakan gerakan terakhir dari 16 menit latihan kardio HIIT membentuk tubuh langsing dan membakar kalori.

Total gerakan dalam 16 menit latihan kardio HIIT membentuk tubuh langsing dan membakar kalori adalah 8 gerakan. 1 gerakan dilakukan sebanyak 4 pengulangan, dengan 1 pengulangan selama 20 detik.

Lakukan latihan membentuk tubuh langsing dan membakar kalori ini sebanyak 3 kali seminggu, dengan diberikan jeda istirahat satu hari antara hari latihannya.

Itulah artikel mengenai 16 menit latihan kardio HIIT membentuk tubuh langsing dan membakar kalori. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Incoming search terms:

  • latihan kardio
  • latihan HIIT
  • HIIT exercises
  • cara membentuk tubuh langsing
  • cara membakar kalori
  • latihan membakar kalori
  • latihan HIIT membakar kalori
(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.