4 Cara Mengatasi Marah Saat Lapar

4 Cara Mengatasi Marah Saat Lapar

4 Cara Mengatasi Marah Saat Lapar. Para pembaca mungkin pernah melihat sebuah iklan produk makanan ringan yang mengungkapkan bahwa “Lapar Mengubah Orang“. Nah itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini lebih tepatnya adalah cara mengatasi marah saat lapar.

Sebagian dari kita ada yang mudah marah atau emosi ketika merasakan lapar atau perut kosong. Beda halnya ketika perut kita kenyang atau sudah terisi oleh makanan, emosi kita relatif stabil. Penulis juga tidak tahu entah darimana ketika perut kita kosong atau mengalami rasa lapar, emosi menjadi tidak stabil dan cepat marah. Kondisi tersebut bagi sebagian disebut dengan Hangry yang merupakan singkatan dari angry (marah) dan hungry (lapar).

Terdapat sebuah penelitian yang mengungkap bahwa ketika merasa lapar (tingkat glukosa rendah), kita lebih cepat terpancing emosi (marah).

Baca Juga => Motivasi dan Emosi Merupakan Aspek Psikologis Prestasi Olahraga

Meskipun bisa dikatakan wajar ketika seseorang marah pada saat lapar, tapi kita mesti perhatikan bahwa kondisi tersebut bisa membuat hubungan dengan teman kita menjadi kurang bagus. Supaya tidak terjadi hal demikian berikut ini merupakan langkah pencegahan sebagai cara mengatasi marah saat lapar.

cara mengatasi marah saat lapar

Cara Mengatasi Marah Saat Lapar

Selalu Bawa Cemilan Sehat

Supaya rasa lapar tidak cepat datang, sediakan makanan cemilan yang mudah untuk kita bawa. Supaya tidak memberikan efek negatif pada tubuh, pilihlah cemilan sehat yang rendah kalori seperti yoghurt atau sayuran yang dipotong beberapa bagian kecil dan dimasukkan ke dalam tempat makan bisa menggunakan tupperware.

Hindari makanan cemilan yang mengandung kadar glukosa tinggi sehingga berpengaruh langsung terhadap peningkatan kadar gula darah kita. Dengan mensiasati selalu bawa cemilan sehat, maka kita bisa mengatasi marah saat lapar dengan menghindari rasa lapar tersebut.

Mempertimbangkan Asupan Karbohidrat

Bagi kita mungkin, mengonsumsi cemilan sehat berupa sayuran akan terdengar tidak familiar. Oleh karena itu, kita bisa pertimbangkan makanan cemilan berupa roti menjadi pilihannya. Tidak sembarang roti bisa kita konsumsi untuk menekan rasa lapar supaya tidak cepat membuat marah. Sebagai saran, pilihlah jenis roti yang memiliki kandungan 3 gram protein dan 3 gram serat.

Protein dapat membantu tubuh kita merasa tenang lebih lama, dan serat dapat memperlambat pencernaan glukosa pada tubuh kita.

Perbanyak Mengonsumsi Makanan Kaya Kandungan Magnesium

Terdapat sebuah penelitian yang di publish pada jurnal Diabetes Care yang mengungkap bahwa adanya hubungan yang signifikan antara asupan magnesium dengan resiko diabetes tipe 2.

Kandungan magnesium dalam makanan, memiliki peran utama dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga kadar gula darah tidak langsung menurun drastis ketika mengalami rasa lapar.

Jenis makanan yang kaya kandungan magnesium adalah bayam dan alpukat. Kedua jenis makanan tersebut memiliki kegunaan untuk menjaga kadar gula darah.

Mencoba Sarapan Buah Jeruk

Cara yang ke 4 dari cara mengatasi marah saat lapar adalah mencoba sarapan dengan mengonsumsi buah jeruk. Mungkin cara ini terdengar asing dan dihindari, dikarenakan sifat jeruk yang memiliki rasa asam dan bisa mengganggu lambung kita.

Cara sarapan mengonsumsi buah jeruk ini memang tidak biasa dilakukan oleh kita penduduk Indonesia yang memiliki kebiasaan sarapan mengonsumsi roti atau nasi. Tapi terdapat penelitian yang dipublish pada Journal of Medicinal Food, yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi setengah jeruk segar sebagai sarapan akan meningkatkan resistensi insulin, yang menjaga kadar gula darah. Efeknya pada siang hari, perut kita tidak akan mudah lapar.

Dari ke 4 cara mengatasi marah saat lapar yang sudah diungkapkan, semuanya merupakan langkah preventif (pencegahan) supaya rasa lapar tidak mudah datang yang bisa mengakibatkan marah tak karuan pada sahabat kita sendiri. Ngga lucukan, kita tiba-tiba marah sama temen cuma gara-gara perut kita sedang lapar.

Itulah artikel mengenai 4 cara mengatasi marah saat lapar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Terima Kasih.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.