4 Jenis Nasi yang Menyehatkan Tubuh

4 Jenis Nasi yang Menyehatkan Tubuh. Nasi adalah makanan pokok hampir semua penduduk Indonesia yang mengandung karbohidrat. Bagi yang sudah biasa makan nasi setiap hari, rasanya ada yang kurang jika belum makan nasi. Bahkan bagi sebagian orang meskipun sudah memakan berbagai makan makanan tapi belum makan nasi tidak dikatakan sudah makan.

Menurut konsultan gizi dan diet, Mittal Shilpa, “beras adalah sumber yang baik untuk protein, vitamin D, kalsium, fosfor, serat dan zat besi. Makanan ini benar-benar sehat dan bergizi jika dimasak dengan metode yang tepat.”

Di dunia ini ada beberapa macam jenis padi atau beras yang dimasak menjadi nasi. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas 4 jenis nasi yang menyehatkan tubuh yang bersumber dari 4 macam jenis beras yang dianggap memiliki kualitas terbaik dan menyehatkan tubuh.

4 Jenis nasi yang menyehatkan tubuh4 Jenis nasi yang Menyehatkan Tubuh

1. Nasi dari Padi Liar

Padi liar atau wild rice dianggap sebagai jenis beras yang sangat sehat. Padi jenis ini banyak tumbuh di Amerika Utara dengan rasa dan aroma yang khas. Padi liar memiliki indeks glikemik rendah dibanding beras putih, serta mengandung asam lemak omega-3 dan protein.

Beras yang berasal dari padi liar ini juga digunakan sebagai obat alami untuk mengontrol kadar gula darah.

2. Nasi dari Beras Merah

Beras merah memiliki tekstur yang kasar dan lapisan berwarna cokelat diatasnya yang disebut sekam. Selain mudah untuk dicerna, beras merah juga kaya dengan kandungan vitamin B (tiamin), niacin, vitamin B6 dan K, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, dan protein.

Kandungan zat tersebut membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta bermanfaat untuk menyembuhkan bisul, diare, dan penyakit usus.

3. Nasi dari Beras Hitam Cina

Di negara Cina, beras jenis ini dikenal dengan forbidden rice. Beras ini memiliki sekam yang dihilangkan untuk membuat nasi terlihat putih. Beras hitam ini memiliki kandungan zat besi, serat, antioksidan, dan anthorcyanin (zat antikanker).

4. Nasi dari Beras Merah Bhutan

Beras jenis ini dihasilkan dari ragi merah yang dicampurkan pada beras putih, kemudian dihaluskan. Memiliki rasa manis yang cukup kuat.

Beras merah bhutan ini sangat bergizi karena dapat menurunkan kolesterol, kadar LDL, dan trigliserida. Tapi, ada beberapa alasan medis yang membuat ibu hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi beras jenis ini.

Dengan mengetahui 4 jenis nasi yang menyehatkan tubuh ini. Kita bisa memilih jenis nasi yang cocok dengan kebutuhan tubuh kita untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Itulah artikel mengenai 4 jenis nasi yang menyehatkan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan bagi para pembaca. Jika dirasa bermanfaat silahkan di share. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *