4 Macam Makanan yang Banyak Mengandung Flavanoid (Antioksidan)

Salam pembaca sekalian. Jenis Makanan yang Kaya Flavanoid adalah judul postingan kali ini. Flavanoid adalah komposisi dalam makanan yang merupakan antioksidan penangkal radikal bebas. Fungsinya adalah untuk melindungi dinding pembuluh darah, mengurangi resiko alergi, menjaga kesehatan otak, hingga mencegah penyakit kanker.

Flavanoid bisa didapatkan dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan/minuman tertentu. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung flavanoid.

Blueberry

blueberry makanan kaya flavanoid
Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang melindungi dinding pembuluh darah dan melindungi otak dari Alzheimer. Selain itu, blueberry juga mengandung senyawa D-mannose yang membantu mencegah infeksi saluran kencing. Buah ini juga ampuh mengurangi inflamasi pada perut dan sistem pencernaan. Selain blueberry, buah beri lain semisal blackberry juga mengandung banyak flavanoid.

Teh Hijau

teh hijau kaya flavanoid

Teh hijau sudah terkenal sebagai sumber flavanoid. Senyawa utama di dalam teh hijau adalah polifenol yang merupakan antioksidan pencegah inflamasi dan kanker. Selain flavanoid dan polifenol, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan di dalam teh hijau (kafein, theanine dan catechin).

Cokelat

cokelat hitam kaya flavanoid

Enak dan sehat, itulah gambaran untuk makanan yang satu ini. Makanan lezat ini mengandung antioksidan yang menyehatkan sistem kardiovaskuler, misalnya menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sistem peredaran darah dan membuat trombosi bekerja dengan lebih baik. Namun hanya cokelat hitam yang mengandung banyak flavanoid.

Sayuran

brokoli, kale, bawang bombai, paprika dan bayam kaya flavanoid

Sayuran semisal brokoli, kale, bawang bombai, paprika dan bayam, termasuk makanan yang kaya flavanoid. Kita bisa menikmati sayuran setiap hari untuk asupan flavanoid bagi tubuh. Namun, jika kita mengalami masalah kesehatan tertentu dan alergi terhadap beberapa makanan, kita bisa mengonsumsi suplemen flavanoid.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung flavanoid sebagai zat antioksidan pengangkal radikal bebas, yang banyak sekali di lingkungan ini. Supaya tubuh kita tetap terjaga kesehatannya, konsumsilah jenis-jenis makanan yang banyak mengandung flavanoid. Dengan dukungan makanan-makanan ini maka daya tahan tubuh kita pun lebih kuat lagi. Sekian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.