5 Macam Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

5 Macam Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan. Berolahraga supaya sehat. Banyak-banyak berolahraga supaya sehat. Anjuran-anjuran manfaat olahraga bagi kesehatan seperti itu tentulah pasti sudah sering kita dengar. Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang supaya mendapatkan kebugaran dan kesehatan, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani.

Olahraga merupakan gaya hidup sehat yang harus dibiasakan sejak kecil agar di masa mendatang tubuh kita menjadi sehat dan tidak gampang terkena penyakit. Karena semakin tua tubuh kita, secara otomatis daya tahannya akan semakin menurun. Dengan melakukan olahraga yang rutin dan teratur, akan memperlambat penurunan daya tahan tersebut.

5 Macam Manfaat Olahraga

Berikut ini adalah 5 macam manfaat olahraga bagi kesehatan yang harus kita ketahui supaya tersadar bahwa sangat pentingnya melakukan olahraga.

manfaat olahraga bagi kesehatan

1. Meningkatkan kemampuan otak

Olahraga bisa meningkatkan suplai kadar oksigen di dalam darah dan mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh terutama ke otak. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berfikir dan hal lainnya.

Selain memperlancar aliran darah ke otak untuk mensuplai nutrisi dan oksigen. Olahraga akan merangsang sel-sel otak untuk terus bekerja memerintah otot supaya terus berkontraksi untuk mewujudkan gerakan.

2. Menunda proses penuaan

Proses penuaan merupakan hal yang alami dan pasti terjadi, sehingga muncul kata-kata “tua itu pasti”. Akan tetapi dengan olahraga proses penuaan tersebut bisa diperlambat lajunya dengan melakukan olahraga.

Pada saat berolahraga, sel tubuh yang sudah berusia tua akan lebur dan hancur. Sehingga akan merangsang sel tubuh yang ada untuk melakukan regenerasi sel.

3. Mengurangi stress

Dalam kehidupan manusia sekarang ini stress adalah penyakit yang sering mendatangi kita. Penyebabnya sangat bervariasi sekali, bisa dikarenakan tekanan hidup, tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi dan masalah-masalah kehidupan yang lain. Dengan melakukan olahraga, kadar stress tersebut yang datang pada kehidupan kita bisa dikurangi.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Aktivitas olahraga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin. Hormon-hormon tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

5. Menambah rasa percaya diri

Dengan olahraga yang teratur, kita bisa mengontrol berat badan, sehingga bisa mencapai berat badan ideal dan memperoleh postur tubuh yang proporsional. Hal tersebut secara langsung bisa menambah rasa percaya diri kita.

Dengan sedemikian banyaknya manfaat olahraga bagi kesehatan tentunya kita harus melaksanakan gaya hidup sehat, ini demi kesehatan kita sendiri.

Itulah artikel mengenai 5 macam manfaat olahraga bagi kesehatan. Semoga dengan membaca artikel ini, sobat teras olahraga bisa terpacu untuk melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.