5 Posisi Yoga untuk Pemula di Rumah Tanpa Harus Ke Tempat Fitnes (GYM)

5 Posisi Yoga untuk Pemula di Rumah Tanpa Harus Ke Tempat Fitnes (GYM). Pembahasan artikel fitnes kali ini adalah posisi yoga untuk pemula yang tidak sempat pergi ke studio yoga atau ke kelas yoga di tempat fitnes. Banyak sekali studio yoga atau kelas yoga yang dibuka di tempat fitnes untuk membantu kita dalam mendapatkan derajat sehat dinamis atau kebugaran. Tapi bagi sebagian orang yang sibuk dengan pekerjaannya akan selalu terlewatkan karena saking sibuknya bekerja, sehingga tidak bisa mengikuti sesuai dengan jadwal kelas yoga yang sudah ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka para pembaca yang ingin melakukan gerakan-gerakan yoga tanpa harus ke studio yoga bisa menyimak artikel yoga kali ini. Posisi yoga yang terdapat pada artikel ini, bisa dilakukan juga oleh pemula yang baru memulai latihan yoga.

Bagaimana Cara Memulai Latihan Yoga di Rumah untuk Pemula

Memulai latihan yoga bisa kita lakukan dengan cara mengawalinya dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan-gerakan dalam yoga. Tujuan pemanasan tersebut adalah untuk mempersiapkan tubuh melakukan gerakan inti yaitu gerakan yoga. Latihan pemanasan bisa menggunakan gerakan latihan kelenturan (fleksibilitas) seperti meregangkan otot dan ligamen sendi. Usahakan gerakan yang dilakukan dalam pemanasan disesuaikan dengan fungsi tubuhnya.

Posisi yoga untuk pemula disusun dari gerakan-gerakan dalam yoga yang dianggap paling mudah dilakukan, sehingga bisa diadaptasi oleh tubuh yang baru memulai latihan yoga. Selain itu, kita juga harus mengetahui nama gerakan yoga yang akan dilakukan.

Frekuensi melakukan latihan yoga di rumah dianjurkan sebaiknya minimal 3 kali dalam seminggu. Frekuensi tersebut dianjurkan untuk mendapatkan peningkatan kebugaran dan kesehatan dengan melakukan latihan. Dalam meningkatkan kebugaran dan kesehatan bisa juga dengan bentuk latihan selain yoga seperti HIIT workout, latihan sirkuit training, interval training, fartlek, jogging jarak jauh dsb.

Bagi pemula dalam olahraga mungkin akan memilih latihan yoga ini, karena gerakan yoga tidak terlalu eksplosif (pengerahan tenaga maksimal).

5 Posisi Yoga untuk Pemula

Berikut ini 5 posisi yoga untuk pemula di rumah tanpa harus pergi ke tempat fitnes.

1. Seated Yoga Pose

5 Posisi Yoga untuk Pemula di Rumah Tanpa Harus Ke Tempat Fitnes (GYM) - seated yoga pose

Gerakan duduk yang baik dalam yoga adalah duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks. Gerakan Seated Yoga Pose ini bertujuan untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh.

2. Standing Yoga Pose

standing yoga pose

Gerakan yoga selanjutnya adalah Standing Yoga Pose. Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama ambil posisi berdiri lalu buka kaki secukupnya. Angkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut. Bertumpulah dengan kaki kiri sambil lurus disebelah kaki, sedangkan tangan kiri mengarah lurus ke depan. Usahakan pandangan mata juga harus mengikuti arah tangan kiri. Gerakan ini baik bermanfaat untuk membentuk tubuh dan membantu peregangan di tubuh pada bagian depan seperti bahu, perut, dada, dan pinggul.

3. Child Pose

yoga child pose

Untuk melakukan gerakan Child Pose ini, pertama-tama bisa melakukannya dengan mengambil posisi duduk bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga paha dan kepala bisa menyentuh lantai. Lalu, julurkan tangan ke depan dan hitung selama beberapa detik. Tutup mata dan tarik nafas dalam-dalam, tahan selama kurang lebih dua menit. Gerakan yoga untuk pemula ini sangat simpel namun akan merasakan efek yang lebih banyak daripada gerakan sebelumnya, yakni melatih alat pernapasan, sebagai peregangan pinggul, paha depan dan punggung.

4. Back Pain Pose

yoga back pain pose

Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot punggung dan membantu menyembuhkan cedera pada otot punggung. Gerakan ini diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 45 derajat. Letakkan tangan di samping kiri dan kaki dalam posisi yang rileks. Gerakan Back Pain Pose ini berguna untuk membuat posisi tulang menjadi lurus dan tegak serta mencegah tubuh bungkuk, karena tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawanan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari.

5. Upward and Downward Facing Dog

Yoga Upward and Downward Facing Dog

Gerakan yang satu ini akan melatih banyak otot serta kekuatan tangan, bahu, lengan, dan juga tulang belakang dan perut menjadi kencang. Untuk melakukannya, buat posisikan tubuh telungkup, lalu angkat tubuh lebih tinggi dengan menggunakan kekuatan kaki dan tangan. Posisi tangan dan kaki harus sejajar lurus, begitu juga dengan punggung menghadap ke atas hingga membentuk posisi busur. Tahan gerakan ini selama 5-10 hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan dengan baik.

Nah itulah 5 Posisi yoga untuk pemula di rumah tanpa harus ke tempat fitnes (gym). Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Sumber Referensi Keterangan Gerakan: Sahabat Nestle

Incoming search terms:

  • posisi yoga untuk pemula
  • yoga di rumah untuk pemula
  • nama gerakan yoga
  • gerakan yoga pemula
  • gerakan gerakan dalam yoga
  • gerakan gerakan yoga
  • yoga untuk pemula wanita
  • kelas yoga untuk pemula
(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.