5 Tanda Tubuh Kurang Gizi dan Nutrisi

5 Tanda Tubuh Kurang Gizi dan Nutrisi. Orang bertubuh kurus tidak berarti pasti kekurangan gizi, sebagaimana orang bertubuh gemuk juga tidak berarti telah mendapatkan gizi yang cukup. Kenyataanya, kekurangan gizi dan nutrisi adalah keadaan ketika tubuh seseorang tidak memperoleh asupan gizi yang mencukupi untuk menunjang kesehatan dan aktivitasnya. Dan itu terlepas apakah dia kurus atau gemuk.

Dengan kata lain, orang dengan berat badan normal, kurus, atau gemuk, bisa masuk kategori kurang nutrisi dan gizi jika asupan makanannya tidak mengandung gizi yang seimbang. Berikut ini 5 tanda tubuh mengalami kekurangan gizi dan nutrisi, yang bisa kita perhatikan dan kita bisa hindari.

5 tanda tubuh kurang gizi dan nutrisiTanda Tubuh Kurang Gizi dan Nutrisi

Tulang Rapuh

Tulang rapuh merupakan ciri tubuh yang mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, yaitu vitamin A, C, D, K, kromium, zinc, serta magnesium.

Kram

Kram pada beberapa bagian otot, apalagi dengan intensitas yang cukup sering, bisa menandakan bahwa tubuh kekurangan gizi dan nutrisi. Kandungan gizi dan nutrisi tersebut adalah mineral serta kalsium, kalium, serta magnesium, yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan otot.

Rambut Rontok

Seringnya mengalami rambut rontok tidak sebatas hanya masalah perawatan kecantikan, karena bisa pula menjadi tanda bahwa tubuh kurang nutrisi berupa vitamin B12, B6, serta B5, juga kekurangan zat semacem klorin dan biotin.

Kulit Kusam dan Keriput

Masalah kulit keriputĀ  memang berkaitan dengan usia. Namun, ada kalanya orang yang secara usia belum bisa di bilang tua, tetapi kulitnya sudah terlihat kusam dan keriput, serta mengalami masalah kulit lainnya. Hal semacam itu bisa menjadi penanda kekurangan vitamin A, C, B, E, selenium, seng, juga asam lemak omega 3.

Masalah Pencernaan

Sering mengalami masalah pencernaan semacam diare, kembung, sembelit, ata maag, bisa jadi merupakan tanda kekurangan nutrisi semacam seng, selenium, magnesium, vitain B-kompleks, vitamin K, C, D, serta E.

Itulah artikel mengenai 5 tanda tubuh kurang gizi dan nutrisi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Sehingga kita bisa melakukan tindakan preventif berupa langkah pencegahan yang nyata dengan menghindari beberapa penyebab kurang gizi dan nutrisi. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *