6 Cara Makan Malam Tidak Gendut

6 Cara Makan Malam Tidak Gendut. Sebagian dari kita percaya bahwa makan di malam hari dapat membuat tubuh gendut. Oleh sebab itu, banyak dari kita yang menghindari makan malam supaya terhindar dari perut gendut. Bagi yang sudah terbiasa makan malam, akan terasa berat sekali untuk menghilangkan kebiasaan ini.  Makan malam sering juga dilakukan oleh kita yang bekerja sampai waktu malam hari, dan menuntut tubuh kita untuk memasukkan makanan ke dalam perut.

Dilemapun terjadi ketika, kita memiliki keinginan untuk menghindari perut gendut dengan tidak melakukan makan malam tapi rasa lapar yang datang begitu dahsyatnya. Dalam artikel ini, kita akan bahas 6 cara makan malam tidak gendut. Cara ini merupakan alternative solusi bagi yang tidak kuat untuk menahan lapar berlebih ketika di malam hari.

makan malam tidak gendut

Tips Makan Malam Tidak Gendut

1. Makan Makanan Berserat

Makanan berserat yang paling bagus adalah dari sayuran. Jadi ketika kita mengalami lapar yang sangat luar biasa di malam hari, makan makanan berserat seperti jenis sayuran bayam atau brokoli. Jenis sayuran tersebut bisa diolah dengan bumbu makanan lain yang sangat rendah kalori. Jenis sayuran bayam atau brokoli tersebut bisa juga dicampur dengan jenis sayuran lainnya dalam bentuk makanan capcay.

2. Mengatur Jumlah Porsi Makan

Biasanya, bagi yang mencoba mengganti jenis makanan untuk makan malamnya dengan sayuran, akan merasa makanan jenis sayuran tersebut tidak bisa mengganjal perut kita yang sedang lapar banget.

Solusi yang bisa kita gunakan adalah dengan memakan roti atau nasi pada malam hari dengan jumlah porsi makannya kecil. Supaya kita tidak terlalu lapar yang sangat luar biasa, sebenarnya kita bisa atur porsi makan menggunakan pola makan seperti makan banyak pada pagi hari, supaya energi tersuplai selama kita bekerja. Berikutnya makan pada siang hari menggunakan porsi yang tidak terlalu besar, bisa setengah dari porsi makan pagi. Dan pada malam harinya porsi makan kita perkecil lagi, bisa menjadi seperempat dari porsi makan pagi kita.

3. Makan Cemilan Sehat Rendah Kalori

Rasa lapar bisa datang tiap waktu pada diri kita, seperti pada saat kita akan tidur di malam hari. Mengatasi hal semacam itu, kita bisa mensiasatinya dengan mengonsumsi cemilan sehat rendah kalori supaya perut kita terisi, tapi tetap bisa menikmati tidur dengan nyaman. Cemilan sehat rendah kalori bisa ditemui pada makanan jenis biskuit gandum atau keju rendah lemak, yoghurt.

4. Mengkonsumsi Makanan di Tempat Makan (Meja Makan)

Kebiasaan makan sambil menonton televisi atau film, biasanya membuat kita makan dengan jumlah porsi yang berlebihan dan hal tersebut tidak terasa oleh kita. Usahakan mengonsumsi makanan di tempat makan anda, seperti di meja makan, atau tempat makan khusus seperti lesehan di rumah kita. Jika kita makan di tempat makan, kita dapat fokus jelas mengetahui porsi makan yang dikonsumsi.

5. Perbanyak Minum Air Mineral

Pada beberapa kasus, bisa terjadi rasa lapar yang kita rasakan pada malam hari bukanlah karena tubuh kita kosong dari makanan melainkan gejala dari kurangnya minum yaitu dehidrasi.

Sebagai anjuran, cobalah untuk meminum 2 gelas air putih dingin atau bisa juga minum air teh herbal sebelum makan cemilan untuk dikonsumsi pada malam hari. Tunggu sekitar 30 menit setelah minum air tersebut apakah rasa lapar yang muncul tadi sudah hilang atau belum. Jika hilang maka benar tubuh kita mengalami dehidrasi.

Baca Juga => Air Es Membuat Perut Buncit? Benarkah?

6. Segerakan Tidur di Malam Hari (Jangan Begadang)

Cara yang terakhir merupakan solusi pamungkas untuk menghindari makan malam pada malam hari, jika 5 cara sebelumnya dirasa berat dilakukan.

Setelah seharian bekerja, tubuh kita mengalami kelelahan. Usahakan pada jam prime time malam hari, sekitar jam 8 sampai 9 malam kita sudah ada di tempat tidur untuk segera beristirahat. Dengan menyegerakan tidur selepas pulang bekerja, kita bisa menghindari rasa lapar pada malam hari. Selain itu, tidur tidak terlalu larut akan membantu kita memulihkan energi untuk keesokan harinya untuk bersiap kembali bekerja.

Nah itulah artikel mengenai 6 cara makan tidak gendut. Semoga artikel ini bisa menjadi solusia bagi para pembaca teras olahraga yang sedang mengantisipasi berat badannya supaya tidak naik. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *