6 Efek Negatif Mengonsumsi Gula Berlebih

6 Efek Negatif Mengonsumsi Gula Berlebih. Salam pembaca teras olahraga. Artikel kali ini akan membahas mengenai 6 efek negatif mengonsumsi gula berlebihan. Siapa sih yang tidak kenal dan merasakan jenis konsumsi gula ini, yang pastinya selalu dikonsumsi oleh kita setiap harinya. Rata-rata dalam makanan sekarang terkandung zat gula yang memang memiliki efek positif dan negatifnya.

Sisi positif dari gula adalah adanya manfaat untuk tubuh kita. Meskipun ada sisi manfaatnya, gula jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Berikut ini, beberapa macam penyakit yang bisa ditimbulkan karena mengonsumsi gula berlebihan.

6 Penyakit dari Efek Negatif Mengonsumsi Gula Berlebih

1. Penyakit Jantung

Efek negatif mengonsumsi gula berlebih yang pertama adalah bisa menimbulkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh konsumsi gula berlebih yang menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik (HDL) serta meningkatkan kadar lemak dalam darah yang akan berakibat pada munculnya masalah pada jantung.

2. Penyakit Kanker

Sel-sel kanker sangat menyukai makanan atau minuman yang banyak mengandung glukosa atau gula. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan kita khususnya menjauhi faktor resiko terkena penyakit kanker maka kita harus mengontrol asupan kadar gula pada tubuh kita.

Baca Juga :

=> Manfaat Olahraga Aerobik untuk Penderita Kanker

=> Olahraga Aerobik Sebagai Terapi Penderita Kanker

3. Penyakit Diabetes Tipe 2

Semua sudah pada tahu mengenai jenis penyakit ini, yang memang berasal dari tingkat kadar gula yang berlebih. Efek negatif mengonsumsi gula berlebih dapat memperparah penderita penyakit diabetes tipe 2 ini. Jika kita mampu mengontrol kadar asupan gula pada tubuh kita, maka kita membantu kinerja hormon insulin lebih ringan lagi.

Hormon insulin adalah hormon yang bertugas mengontrol kadar gula dalam darah supaya tetap stabil. Dengan cara mengontrol asupan gula yang masuk pada tubuh, kita sudah berupaya untuk menghindarkan penyakit ini datang pada diri kita.

4. Dapat Menurunkan Sistem Imun (Sistem Kekebalan Tubuh)

Sistem imun kita akan beresiko menurun jika mengonsumsi gula berlebihan. Terlalu banyaknya kadar gula yang masuk pada tubuh, akan dapat meningkatkan berat badan kita menjadi lebih gemuk lagi. Dengan meningkatnya berat badan kita menjadi gemuk dan bahkan menjadi obesitas, maka sistem imun (kekebalan) yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit dari luar akan dipaksa pula melawan masalah dan gangguan kesehatan dari dalam tubuh akibat tubuh yang gemuk (obesitas).

5. Dapat Menurunkan Kemampuan Otak

Mengonsumsi kadar gula atau zat gula berlebihan dapat menurunkan kemampuan otak kita, terutama dalam proses mengingat atau proses menggunakan memori yang berkaitan juga dengan penurunan daya ingat.

6. Membahayakan Hati

Makanan dan minuman berasa manis yang mengandung fruktosa dan glukosa merupakan racun bagi organ hati kita. Oleh karena itu konsumsi makanan dan minuman berasa manis yang mengandung gula berlebihan harus kita kontrol, karena dapat mengancam kesehatan hati kita.

Upaya Menghindari Efek Negatif Mengonsumsi Gula Berlebih

Glukosa merupakan bahan penting dalam pembentukan energi aerobik yaitu glikogen. Karbohidrat dikonsumsi oleh kita, akan dipecah menjadi glukosa dan menjadi energi utama dalam melakukan kegiatan fisik atau aktivitas fisik.

efek negatif mengonsumsi gula berlebih

Kita boleh saja mengonsumsi makanan dan minuman berasa manis yang mengandung gula, asalkan cepat digunakan dalam wujud energi untuk gerak. Seperti halnya ketika kita makan dan minum di malam hari yang berasa manis, maka esok harinya kita harus membakar glukosa tadi yang sudah jadi glikogen melalui olahraga.

Baca Juga => Sistem Energi Tubuh pada Saat Olahraga

Banyak sekali jenis olahraga yang menggunakan energi glikogen yang berasal dari gula ini. Diantaranya adalah jenis olahraga aerobik. Olahraga aerobik sangat dibutuhkan oleh kita untuk menggunakan glikogen sebagai energi geraknya. Jika glikogen banyak digunakan, maka kandungan gula dalam tubuh kita akan semakin berkurang dan kita bisa terhindar dari efek negatif mengonsumsi gula berlebih.

Baca Juga => Manfaat Latihan Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik

Berikut ini beberapa macam olahraga yang bisa kita gunakan untuk membakar energi glikogen yang berasal dari glukosa dalam darah.

  1. Hiit Workout Walk and Run 20 Menit
  2. 3 Bentuk Latihan HIIT
  3. Kumpulan Olahraga Pembakar Lemak dan Gula

Dengan melakukan olahraga yang teratur seminggu minimal 3 kali. Maka tubuh kita akan terhindar dari efek negatif mengonsumsi gula berlebih. Kesehatan kita juga akan tetap terjaga dengan berolahraga.

Itulah artikel mengenai 6 efek negatif mengonsumsi gula berlebih. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 18 times, 2 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.