9 Cara Melatih Keseimbangan

9 Cara Melatih Keseimbangan. Artikel kali membahas mengenai cara melatih keseimbangan. Macam bentuk latihan keseimbangan ini terdiri dari 9 macam. Keseimbangan merupakan bagian dari komponen kondisi fisik atau kebugaran. Secara tidak langsung dengan melatih keseimbangan, maka kebugaran kita akan meningkat.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara melatih keseimbangan bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Cara melatih keseimbangan

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

1. Berdiri dengan satu kaki

Untuk meningkatkan keseimbangan, silahkan siapkan satu buah kursi di samping anda untuk berjaga-jaga ketika tubuh tidak lagi mampu menahan untuk berdiri dengan satu kaki. Atau kursi itu dapat digunakan di awal untuk menjadi penahan diri selama menyeimbangkan tubuh. Peganglah kursi dan angkat salah satu kaki anda secara perlahan lalu pertahankan posisi berdiri tersebut selama beberapa saat sebelum mengganti kaki dan melakukan gerakan yang sama.

2. Berdiri dengan satu kaki dan mata di tutup

Cara melatih kemampuan keseimbangan ini dilakukan dengan cara menutup mata dan mengangkat satu kaki. Anda juga perlu mempercayain diri anda bahwa tanpa melihat anda bisa berdiri dengan satu kaki. Tanpa disadari latihan rutin berdiri dengan satu kaki dan mata di tutup ini akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kemampuan anda.

3. Berdiri dengan satu kaki di angkat ke belakang

Cara melatih keseimbangan ini dipusatkan di sepanjang kaki yang di angkat ke belakang. Anda dapat menguasai teknik keseimbangan ini dan pastinya akan memiliki otot otot kaki yang terlatih untuk menjaga keseimbangan tubuh hingga usia senja nantinya.

4. Berdiri dengan satu kaki di angkat ke depan

Sama seperti pada teknik melatih keseimbangan dengan kaki diangkat ke belakang, namun kaki yang diangkat ke depan ini tidak akan bisa total diangkat hingga lurus sejajar pinggang seperti ke belakang. Sehingga, kaki yang di depan lebih sulit dipertahakan keseimbangannya.

5. Duduk dan Tarik badan ke belakang

Selain dengan cara berdiri, anda pun dapat melatih keseimbangan tubuh dengan melatih otot otot dalam posisi duduk. pertama tama dengan menyiapkan kursi duduk tanpa sandaran. Saat sedang duduk, anda dapat menarik tubuh anda ke belakang perlahan lahan hingga mencapai titik keseimbangan maksimal anda. Anda dapat menggunakan otot tangan di awal masa latihan, sebagai tumpuan keseimbangan.

6. Duduk lalu berdiri

Keseimbangan juga dapat diketahui dari bagaimana anda bisa duduk dan lalu berdiri tanpa ada gangguan keseimbangan. Sayangnya, tentu diketahui hal ini sangat sulit dilakukan tanpa adanya pegangan untuk menopang keseimbangan seseorang yang akan berdiri dari posisi duduk. Itulah mengapa anda perlu berlatih dengan cara ini juga.

Latihan keseimbangan dapat dimulai dengan menyiapkan sebuah kursi. Duduklah di atas kursi tersebut dan sewaktu waktu berdirilah tanpa menggunakan pegangan. Pastikan untuk menahan keseimbangan anda di otot kaki atau perut. Kembali duduk dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali, hingga anda mulai stabil dalam melakukan gerak diri setelah duduk. Setelah terlihat seimbang, maka jangan berhenti untuk melakukannya. Terus latihan secara rutin setiap hari. Anda dapat berdiri lalu duduk sewaktu waktu untuk dapat memberikan keseimbangan tubuh.

7. Berjalan dengan beban di atas kepala

Jenis latihan ini sangat baik untuk dicoba oleh anda. Selain itu, latihan ini pun dapat dilakukan di rumah tanpa perlu bantuan orang lain. Cukup sediakan beban di atas kepala seperti bakul, buku, dan benda lain yang dapat diletakan di atas kepala sambil anda berlatih berjalan dengan seimbang.

8. Latihan berjalan dengan lurus

Kemudian berjalan pun dapat melatih keseimbangan, jika berjalan dilakukan dengan ketentuan tertentu seperti harus pada garis lurus. Anda yang ingin melatih keseimbangan secara sempurna, memang dapat menggunakan teknik yang satu ini. Menurut berbagai informasi, diketahui bahwa berjalan di garis lurus akan melatih keseimbangan otot kaki untuk menahan tubuh saat berjalan.

9. Latihan memutar tangan searah jarum jam

Latihan keseimbangan kali ini memanfaatkan latihan keseimbangan dasar yaitu berdiri dengan satu kaki. Perbedaannya terletak pada posisi tangan anda dan gerakan yang tangan anda lakukan. Jadi sambil mempersiapkan latihan keseimbangan, maka ada perlu upaya penguatan yaitu dengan mencoba melihat kekokohan keseimbangan anda saat tangan anda berputar. Itulah sebabnya anda perlu tetap ada dalam posisi berdiri dengan sebelah kaki.

Itulah artikel mengenai 9 cara melatih keseimbangan. Semoga artikel ini bisa diterapkan oleh para praktisi olahraga sebagai bentuk latihan keseimbangan bagi anak didiknya. Terima Kasih.

(Visited 39 times, 1 visits today)
9 Cara Melatih Keseimbangan | Kang Ikal | 4.5