Apa Pengertian Doping Olahraga?

Apa pengertian doping?. Fenomena doping olahraga selalu menjadi jalan pintas ketika seorang atlet merasa dirinya kurang percaya diri dalam menampilkan performanya. Doping olahraga sangat beraneka ragam macamnya. Sebelum kita membahas macam-macam doping olahraga, sebaiknya kita pahami dahulu pengertian doping olahraga yang berkembang dari waktu ke waktu.

Pengertian Doping Olahraga

Berikutnya pembahasan pengertian dari doping olahraga yang pada prinsipnya memiliki prinsip yang sama, cuma pengertiannya berkembang dan disesuaikan dengan perkembangan zaman.

apa pengertian doping olahraga?Bagian 1 Pengertian Doping Olahraga

Pada tahun 1963, para pakar memberikan pengertian sebagai “penggunaan zat-zat (dalam bentuk apapun) yang asing bagi tubuh. Atau Zat yang dipandang secara fisiologis dalam jumlah yang tidak wajar serta memasukkannya juga secara tidak wajar”.

Doping tersebut dilakukan oleh seseorang yang sehat dengan tujuan untuk mendapatkan suatu peningkatan kemampuan buatan secara tidak jujur. Cara dan usaha psikologis untuk meningkatkan kemampuan dalam olahraga juga dianggap sebagai doping.

Bagian 2 Pengertian Doping Olahraga

Karena sulitnya membedakan penggunaan doping dan sebuah pengobatan menggunakan obat-obat stimulansia, maka ditambahkan hal-hal baru dalam pengertian doping. Penambahan tersebut adalah “bila karena sebuah pengobatan terjadi kenaikan kemampuan fisik karena khasiat obat atau karena dosis yang berlebihan, maka pengobatan tersebut dianggap doping olahraga”.

Bagian 3 Pengertian Doping Olahraga

Pada Kongres Ilmiah Olahraga Internasional yang dilaksanakan di Tokyo pada tahun 1988. Pengertian doping olahraga diubah kembali menjadi : “Pemberian atau penggunaan zat asing dalam jumlah yang tidak wajar dan diberikan melalui cara yang tidak wajar dengan maksud khusus, yaitu untuk meningkatkan prestasi secara buatan dan cara ini tidak dibenarkan dalam pertandingan”.

Pengertian dari individu lain mengenai doping yang berhubungan dengan atlet. Misalnya, pelatih, dokter, manajer tim atau official team lainnya, memiliki pengertian berbeda mengenai istilah doping olahraga. Seperti dalam menjawab pertanyaan apakah minum kopi sebelum bertanding termasuk ke dalam doping olahraga?. Atau apakah menyuntik analgetik (penghilang rasa nyeri) atau disebut juga pain killer pada sendi yang cedera merupakan termasuk doping olahraga?.

Sejak 1 januari 2004 peran IOC dalam pengawasan doping diambil alih oleh lembaga yang bernama World Anti-doping Agency. Lembaga tersebut bertanggung jawab terhadap pengawasan penggunaan doping serta mengeluarkan dan memutakhirkan daftar zat yang dikategorikan doping setiap tahunnya, yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Itulah artikel mengenai pengertian doping olahraga. Semoga bisa menambah wawasan kita dalam masalah doping olahraga, sehingga kita bisa menghindari segala macam zat yang dianggap doping untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam olahraga. Terima Kasih.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.