Apa yang Dimaksud Karbohidrat Loading?

Apa yang Dimaksud Karbohidrat Loading?. Karbohidrat loading adalah teknik yang digunakan oleh atlet untuk meningkatkan jumlah energi yang bisa disimpan di otot dalam rangka meningkatkan performa olahraga atlet terutama pada jenis olahraga yang berdurasi lama. Jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi atlet tergantung pada kebutuhan pribadi atlet, jenis olahraga, kegiatan kejuaraan dan porsi latihan yang dilakukan. Namun, perlu diingat jenis makanan yang dipilih untuk dikonsumsi sebelum kejuaraan harus identik dengan jenis makanan yang dikonsumsi selama proses latihan.

Munculnya istilah karbohidrat loading dikarenakan pada saat berolahraga tubuh Anda menggunakan glikogen yang merupakan bentuk karbohidrat yang tersimpan di hati dan otot untuk dijadikan bahan baku menjadi energi. Namun pada saat aktivitas fisik, kapasitas glikogen ini akan habis, dan atlet mengalami penurunan kinerja. Hal ini disebut dengan kelelahan yang artinya tubuh tidak memiliki energi untuk melanjutkan aktivitas fisik.

Apa yang Dimaksud Karbohidrat Loading?

Manfaat Karbohidrat Loading

Cara meningkatkan kapasitas glikogen, bisa dilakukan dengan cara karbohidrat loading beberapa hari sebelum bertanding pada sebuah kejuaraan untuk mencegah munculnya kelelahan yang terlalu dini. Dengan cara melakukan karbohidrat loading akan menyebabkan peningkatan tingkat pembentukan energi dan bahkan meningkatkan kapasitas kinerja tubuh atlet pada saat bertanding. Beberapa teknik karbohidrat loading untuk tingkat atlet dengan berbeda tingkatan bisa dilihat di bawah ini.

Bagi atlet profesional dan nasional: Sebelum memulai karbohidrat loading, ekstra karbohidrat dari tubuh harus dihabiskan terlebih dahulu. Sebelum acara diet rendah karbohidrat diikuti selama 3 sampai 4 hari dan kemudian karbohidrat loading diikuti selama 3 sampai 4 hari berikutnya. Sedangkan pada fase loading, jumlah aktivitas fisik menurun untuk memudahkan penyimpanan glikogen ekstra oleh tubuh. Jadi, siklus biasanya harus dimulai 7 sampai 8 hari sebelum kejuaraan berlangsung.

Untuk atlet tingkat lokal, daerah: Loading untuk tingkat atlet ini dimulai 3 sampai 5 hari sebelum kejuaraan yang mencakup tahap deplesi dan juga tahap pemuatan.

Karbohidrat loading berguna bagi atlet ketahanan seperti pelari maraton, peserta triathlon, perenang, pengendara sepeda atau kejuaraan lainnya yang pertandingannya berlangsung lebih dari 90 menit. Atlet cabang olahraga lain umumnya tidak membutuhkan karbohidrat loading. Tujuan karbohidrat loading adalah untuk meningkatkan asupan karbohidrat terhadap asupan protein dan lemak. Jadi, karbohidrat harus terdiri antara 65 dan 75 persen dari total kalori.

Perencanaan Karbohidrat Loading

Ketika seseorang merencanakan karbohidrat loading sebelum kejuaraan / kompetisi, penting bagi atlet untuk melakukan uji coba terlebih dahulu melakukan karbohidrat loading setidaknya beberapa minggu sebelum event / kompetisi utama. Ini membantu atlet menentukan dengan pasti berapa banyak karbohidrat yang dibutuhkan untuk merasa energik dan memperbaiki kinerjanya. Jadi, disarankan untuk bereksperimen dengan kombinasi makanan yang berbeda. Jauh sebelum hari kejuaraan sehingga tubuh memiliki beberapa waktu untuk menyesuaikannya.

Banyak atlet ketahanan lebih memilih untuk memiliki makanan dengan indeks glikemik rendah untuk karbohidrat loading karena memiliki efek minimal pada kadar glukosa darah. Makanan glikemik rendah biasanya termasuk sayuran, pasta gandum utuh, dan biji-bijian.

Banyak peserta marathoner dan triathlon melakukan makan malam kaya karbohidrat sebelum melakukan kejuaraan. Makanannya bisa dengan kaya kandungan karbohidrat, tapi jangan terlalu banyak sampai melebihi batas karena tidak disarankan. Otot juga menggunakan asam amino secara ekstensif saat berfungsi dalam batas aerobik. Jadi pastikan makanan juga mengandung protein dalam jumlah yang cukup.

Teknik karbohidrat loading harus selalu dilakukan di bawah pengawasan ahli gizi olahraga untuk mendapatkan bimbingan yang tepat. Sehingga tidak menjadi bumerang terutama jika memiliki masalah pada gula darah.

Itulah artikel mengenai apa yang dimaksud dengan karbohidrat loading?. Semoga artikel bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 56 times, 1 visits today)
Apa yang Dimaksud Karbohidrat Loading? | Kang Ikal | 4.5