Bakar Lemak dengan Latihan Senam Body Language

Bakar lemak dengan latihan senam body language. Ya, pembahasan kita kali ini adalah membakar lemak dengan latihan senam body language. Bagi yang suka melakukan senam berirama mungkin sudah tidak asing lagi mengenai latihan senam body language ini. Pada pembahasan ini kita akan bahas mengenai persentasi lemak tubuh dan latihan senam body language.

Penjelasan Lemak Tubuh

Penimbunan sumber energi manusia sementara menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengadakan efisiensi cadangan energi. Lipid atau lemak merupakan substansi yang tepat untuk maksud penyimpanan sementara sumber energi tersebut karena lemak memiliki masa yang relatif ringan dan menempati volume yang lebih kecil untuk kandungan kalori energi kimia yang sama jika dibandingkan dengan karbohidrat dan protein (Fawcett, 2002:152).

Sebagian besar lemak disimpan dalam dua jaringan tubuh utama yaitu jaringan adiposa dan hati selain itu lemak juga disimpan diantara otot skelet, abdomen, di sekitar jantung dan organ-organ lainnya. Jaringan adiposa biasanya disebut sebagai depot lemak.

Fungsi utama jaringan adiposa adalah menyimpan trigliserida sampai diperlukan untuk pembentukan energi serta sebagai penyekat panas untuk tubuh. Sel-sel lemak atau sering disebut adiposit merupakan sel khusus pembentuk jaringan lemak yang memiliki kemampuan untuk mengakumulasi lemak yang diperoleh dari makanan yang mengandung lemak ataupun lemak yang dihasilkan dari kelebihan glukosa dan protein. Persebaran letak cadangan lemak secara penuh dikendalikan oleh faktor hereditas.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persentase Lemak Tubuh

Faktor-faktor yang menentukan persentase lemak tubuh menurut Ciandira Group (2009) adalah sebagai berikut:

  1. Genetik. Kemungkinan BBL (Berat Badan Lebih) lebih besar bila salah satu atau kedua orang tua kegemukan.
  2. Usia. Menjadi tua cenderung menjadi kurang aktif. Juga terdapat penyusutan jumlah otot yang merendahkan metabolisme. Semua ini mengurangi keperluan kalori.
  3. Diet. Konsumsi makanan kalori tinggi seperti makanan cepat saji (fast food) secara teratur ditambah dengan soft drinks, candy dan desserts menyumbang peningkatan BB (Berat Badan).
  4. Ketidakaktifan fisik. Gaya hidup sedenter kurang membakar kalori.
  5. Penimbunan lemak di pinggang. Pada seorang wanita, kelebihan lemak ada pada tubuh bagian tengah yaitu pinggang.

Penurunan Persentase Lemak Tubuh

Penurunan persentase lemak tubuh merupakan penurunan perbandingan jumlah lemak yang ada di dalam tubuh dengan berat badan. Persentase lemak tubuh diukur dengan mengukur bagian-bagian anggota badan tertentu yang dapat mewakili keberadaan keseluruhan lemak dalam tubuh dengan menggunakan alat yang disebut skinfold caliper.

Baca Juga => Latihan Membentuk Perut Six-pack

Skinfold caliper adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan lipatan kulit yang mendasari lipatan lemak. Skinfold caliper memiliki pegas (pir) yang digunakan untuk menekan lipatan kulit, sedangkan skala ketepatan dalam mengukur ketebalan dalam milimeter. Dengan melakukan pengukuran pada lokasi tertentu, memperlihatkan secara representatif jumlah total lemak tubuh seseorang.

Cara Bakar Lemak dengan Latihan Senam Body Language

Senam body language merupakan program pembentukan tubuh dengan latihan-latihan menguatkan otot-otot seluruh tubuh, melenturkan otot-otot dan pernafasan yang benar. Pada zaman sekarang orang banyak kehilangan kesempatan meluangkan waktu buat berolahraga, lebih jauh orang di hati kecilnya beranggapan, bahwa bergerak badan membuat orang payah. Sikap tidak mau payah itu atau dengan kata lain sikap ingin enak itu akhirnya diberi hukuman berat berupa penyakit yang tidak gampang disembuhkan (Suroso, 2001: 6).

bakar lemak dengan latihan senam body language

Di samping itu orang-orang yang mengeluarkan tenaga (bergerak) dengan cara yang tidak tetap, sehingga takaran atau kadar gerakannya yang dikeluarkan setiap harinya tidak sama atau pekerjaan yang mengeluarkan banyak itu masih musiman sehingga di waktu lain mereka tidak mengadakan gerakan apa-apa, sedangkan pada suatu ketika secara mendadak mengeluarkan banyak tenaga, maka mereka juga akan menderita akibat yang merugikan.

Seperti yang diketahui, kegemukan tidak saja mengganggu penampilan fisik seseorang, tetapi juga akan mengganggu kesehatan. Seseorang yang menderita kegemukan akan berisiko lebih besar untuk terserang penyakit jantung koroner, darah tinggi, diabetes melitus, dan stroke (Susi, P. 1999: 2).

Manfaat body language:

  • memperbaiki postur tubuh,
  • membentuk tubuh yang serasi,
  • mengencangkan otot-otot vagina dan sekitarnya,
  • melancarkan pernafasan

Dengan mengetahui konsep lemak tubuh kita, maka kita bisa membakar lemak dengan latihan senam body language menggunakan aturan olahraga untuk membakar lemak. Prinsip olahraga yang dapat membakar lemak adalah jenis olahraga yang durasi waktunya lama.

Latihan senam body language ini, bisa dijadikan latihan pembakar lemak, jika dilakukan sesuai aturan olahraga pembakar lemak. Cara bakar lemak dengan latihan senam body language bisa mengikuti aturan olahraga yang benar menggunakan konsep FITT.

Baca Juga => Olahraga dan Latihan yang Benar Menggunakan Konsep FITT

Bakar lemak dengan latihan senam body language biasanya diikuti oleh para wanita yang ingin menurunkan berat badannya dengan mengurangi kadar lemak tubuh. Dengan memahami konsep ini, maka para penggiat olahraga senam body language bisa benar-benar memahami bagaimana cara membakar lemak tubuh dengan latihan senam body language yang sering dilakukannya.

Itulah artikel mengenai bakar lemak dengan latihan senam body language. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih. Please Share if you Like.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *