Cara Melangsingkan Badan dengan Olahraga Kardio HIIT di Rumah

Cara Melangsingkan Badan dengan Olahraga Kardio HIIT di Rumah. Cara melangsingkan badan yang sehat adalah melakukan olahraga dan menjalani pola hidup yang sehat. Melakukan olahraga dengan tujuan untuk melangsingkan badan haruslah disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Hal utama dalam melangsingkan badan adalah menjadikan lemak sebagai energi gerak untuk berolahraga. Aturan tersebut dapat kita capai jika melakukan olahraga kardio dengan waktu minimal 30 menit yang bisa kita lakukan juga di rumah masing-masing. Sekarang ini bentuk Latihan Olahraga kardio sudah banyak modifikasinya, mulai dari gerakan, sistem melakukan latihan dll, seperti pada olahraga kardio HIIT ini. Olahraga kardio HIIT (high intensity interval training) merupakan bentuk olahraga dengan menggunakan intensitas tinggi tapi ada interval waktu istirahat antar gerakan olahraganya.

Cara Melangsingkan Badan dengan Membakar Cadangan Energi Berupa Lemak

Dibutuhkan energi untuk menggerakkan tubuh kita ketika berolahraga. Energi gerak tersebut berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Seperti nasi dan lauk pauknya. Dari makanan tersebut muncul zat yang akan menjadi bahan untuk dijadikan energi dalam tubuh. Bahan energi utama bagi manusia adalah zat karbohidrat dan lemak. Bahan utamanya adalah zat karbohidrat, sedangkan cadangannya adalah lemak. Jika ingin menjadikan lemak sebagai energi maka kita harus melalui terlebih dahulu pembakaran energi dari karbohidrat kemudian menuju ke lemak. Untuk mencapai energi dari lemak, olahraga yang dilakukan harus berdurasi minimal 30 menit.

Ketika melakukan olahraga, sangat erat kaitannya dengan penggunaan sistem energi manusia yang merupakan penyedia energi tubuh manusia. Sistem energi yang ada dalam diri manusia ada dua macam yaitu anaerobik dan aerobik. Sistem energi anaerobik penggunaan energi menggunakan ATP-PC (adenosine tri posfat – posfat creatin) yang tersimpan dalam otot. Energi ini akan habis dalam waktu 10 detik saja. Jenis gerakan yang bersifat kuat dan cepat biasanya menggunakan ATP-PC ini. Jenis energi ATP-PC ini dibentuk dari zat karbohidrat yang dikonsumsi kemudian dipecah dalam bentuk glukosa.

Untuk sistem energi aerobik yang menyokong kinerja dalam waktu yang lama, energinya disediakan dari bahan lemak yang akan dipecah menjadi asam lemak dan gliserol. Kemudian pecahan lemak tersebut dibentuk menjadi energi ATP dengan bantuan oksigen yang kita hirup selama melakukan olahraga.

Cara Melangsingkan Badan dengan Olahraga Kardio HIIT di Rumah

Energi dari lemak akan muncul jika suplai oksigen masuk ketika melakukan olahraga. Maka cara melangsingkan badan dengan menjadikan lemak sebagai energi adalah melakukan olahraga yang menggunakan sistem energi aerobik.

Jenis olahraga yang penyediaan energinya menggunakan sistem energi aerobik adalah lari 10 K, marathon dan sejenisnyaatau disebut juga steady state (olahraga dengan waktu lama di atas 30 menit menggunakan intensitas yang tetap).

Saat ini ada ada olahraga intensitas tinggi yang termasuk olahraga aerobik, karena proses melakukan geraknya menggunakan suplai oksigen dari luar. Jenis olahraga tersebut yaitu olahraga kardio HIIT (high intensity interval training). Olahraga kardio HIIT ini intensitasnya sub-maksimal yaitu berada pada 85% dari DNM (denyut nadi maksimal). Jika belum mengetahui bagaimana cara menentukan intensitas latihan olahraga untuk tubuh kita, bisa lihat di artikel ini cara menghitung intensitas latihan dalam berolahraga.

Olahraga Kardio HIIT 30 Menit di Rumah

Olahraga kardio HIIT di rumah dapat membakar lemak untuk melangsingkan badan secara efektif. Berikut gerakan-gerakan dalam olahraga kardio HIIT 30 Menit.

Langkah Pertama => Lakukan Pemanasan menggunakan Latihan peregangan atau latihan fleksibilitas silahkan lihat di artikel ini => bentuk gerakan fleksibilitas

Langkah Kedua => Gerakan Olahraga Kardio HIIT 30 Menit

Seal Jack (45 Detik), istirahat 15 detik

seal jack

Mountain Climbers (45 detik), istirahat 15 detik

Mountain Climbers

Wall Sit (45 detik), istirahat 15 detik

Wall Sit

Crunch (45 detik), istirahat 15 detik

Crunch exercise

Split Jack (45 detik), istirahat 15 detik

Split Jack

Burpees (45 detik), istirahat 15 detik

Burpees

Plank Pikes (45 detik), istirahat 15 detik

Plank Pikes

Break Dancer (45 detik), istirahat 15 detik

Break Dancer

Jumping Jack (45 detik), istirahat 15 detik

jumping jack

High Knees (45 detik), istirahat 15 detik

high knees

Langkah 3 => Proses Pendinginan setelah olahraga kardio HIIT, yaitu dengan cara menggetarkan secara perlahan bagian tubuh yang sudah bekerja dalam olahraga

Gerakan olahraga kardio HIIT 30 menit tersebut terdiri dari 10 gerakan. Dengan durasi melakukan sebanyak 45 detik dan istirahat selama 15 detik. Setelah gerakan ke-10, maka ulangi kembali gerakan pertama. Sehingga masing-masing gerakan diulangi sebanyak 3 kali pengulangan.

Lakukan dengan rutin dan terjadwal olahraga kardio HIIT 30 Menit ini di rumah untuk mendapatkan badan yang lansing tanpa lemak berlebih. Usahakan lakukan minimal 3 kali dalam seminggu, dengan diselingi waktu istirahat 1 hari antara hari latihannya.

Sekian artikel tentang Cara Melangsingkan Badan dengan Olahraga Kardio HIIT di Rumah. Semoga artikel yang sudah dibaca ini bermanfaat bagi pembaca teras olahraga. Silahkan melihat artikel menarik lainnya di website ini. Jika dirasa penting mohon dibagikan kepada teman-teman pembaca di media sosial, melalui tombol share di bawah ini. Terima Kasih.

(Visited 176 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.