Cara Menentukan DNM (Denyut Nadi Maksimal) dengan Aplikasi Android

Salam sobat teras olahraga. Artikel kali ini membahas mengenai cara menentukan dnm dengan aplikasi android. DNM merupakan singkatan dari denyut nadi maksimal. DNM digunakan untuk mengetahui batas maksimal denyut nadi kita ketika melakukan olahraga. Batasan atau tolak ukur dalam melakukan olahraga adalah DNM kita. Jangan sampai olahraga yang dilakukan melebihi batas Dnm (denyut nadi maksimal) kita masing-masing.

Tinggi rendahnya DNM ditentukan oleh usia kita. Usia semakin bertambah maka DNM kita semakin kecil. Hal tersebut sangat berhubungan dengan tingkat kebugaran fisik kita. Semakin usia bertambah maka kebugaran fisik kita akan semakin menurun. Oleh karena itu, kita harus benar-benar mengetahui batasan tubuh ketika melakukan olahraga.

Cara Menentukan DNM (Denyut Nadi Maksimal) dengan Aplikasi Android

Rumus Cara Menentukan DNM

Cara menentukan DNM banyak disinggung dalam keilmuan olahraga. Terlebih pada bidang kepelatihan dan fisiologi olahraga. Mengetahui DNM sangat penting sekali supaya dosis latihan atau olahraga yang dilakukan tidak melebihi batas tubuh.

Rumus DNM adalah dengan menggunakan formulasi 220-usia. Jika usia kita dimisalkan 20 tahun maka DNM kita adalah 200 denyut per menit.

Dengan mengetahui DNM ini maka kita sudah memiliki patokan untuk melakukan latihan fisik. Latihan fisik yang dilakukan harus memiliki tujuan spesifik. Contoh latihan meningkatkan daya tahan, maka pada umumnya intensitas latihan yang ditentukan adalah 60%-70% dari DNM dengan menggunakan konsep steady state.

Jika kita ingin melakukan latihan daya tahan menggunakan steady state, maka zona latihannya untuk denyut nadinya harus berada pada 60% x 200 (berasal dari hasil rumus dnm dengan usia 20 tahun) dan 70%x 200. Maka denyut nadi harus dipertahankan diantara 120 denyut/menit – 140 denyut/menit selama melakukan latihan.

Cara Menentukan DNM Menggunakan Aplikasi Android

Saat ini sudah ada developer aplikasi android yang mengembangkan rumus DNM tersebut dengan menggunakan aplikasi android. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh hicaltech87. Aplikasi android tersebut bernama Penghitungan DNM (Denyut Nadi Maksimal) yang sudah tersedia di playstore.

Aplikasi Penghitungan DNM (Denyut Nadi Maksimal) ini bisa melakukan penyimpanan data hasil kalkulasi DNM. Jadi para pengguna cukup memasukan nama dan usia saja, kemudian menekan tombol proses yang akan memunculkan DNM kita.

Dalam aplikasi tersebut disediakan fitur penyimpanan, sehingga kita bisa mengeceknya suatu saat tanpa harus melakukan proses kalkulasi lagi.

Fitur lainnya dari aplikasi Penghitungan DNM (Denyut Nadi Maksimal) ini adalah bisa memproses data dalam waktu bersamaan sebanyak 10 data.

Berikut screenshot dari aplikasi Penghitungan DNM (Denyut Nadi Maksimal).

 

Untuk mendownload aplikasi ini silahkan klik link download di bawah ini yang akan langsung menuju playstore.

DOWNLOAD

Itulah artikel mengenai cara menentukan DNM (denyut nadi maksimal) menggunakan aplikasi android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 43 times, 1 visits today)
Cara Menentukan DNM (Denyut Nadi Maksimal) dengan Aplikasi Android | Kang Ikal | 4.5