Cara Mengetahui Makanan Berformalin

Cara Mengetahui Makanan Berformalin. Jenis makanan pada saat ini sangat beragam sekali macamnya, mulai dari jenis makanan cepat saji dan makanan lainnya. Dengan tujuan supaya lebih awet, beberapa orang menggunakan formalin pada jenis makanannya. Fakta bahwa beberapa jenis makanan berformalin adalah nyata dan pernah terungkap di beberapa daerah. Bagaimana cara mengetahui makanan berformalin?.

Pertanyaan yang ada di paragraf awal mungkin sering muncul di benak pembaca. Formalin termasuk pada zat yang tidak alami. Ketika zat tersebut bercamput dengan makanan yang kita konsumsi, maka tubuh kita dapat bermasalah dalam jangka waktu yang panjang. Jenis penyakit yang bisa timbul karena makanan berformalin ini adalah penyakit kanker.

Cara Mengetahui Makanan Berformalin [5 Jenis Makanan yang Sering Disusupi Formalin]

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sering disusupi oleh formalin sebagai bahan pengawetnya. Dari 5 jenis makanan di bawah ini, salah satunya mungkin favorit para pembaca teras olahraga.

cara mengetahui makanan berformalinIkan

Cara mengetahui ikan yang mengandung formalin biasanya tidak mengundang lalat untuk hinggap di ikan tersebut. Kemudian, jika dipegang atau diraba, akan terasa tekstur dagingnya lebih kaku. Pada bagian insangnya tidak berwarna merah segar, sementara untuk bau amis yang muncul tercium bagu ciri khas formalin. Dagingnya kenyal, sedikit keras, berwarna putih pucat.

Ayam Potong

Jenis makanan setelah ikan, yang biasa disusupi oleh formalin adalah ayam potong. Cara mengetahui ayam potong yang mengandung formalin adalah warnanya putih bersih, aromanya menyengat khas formalin, tidak terlihat segar, dan memiliki tektsur daging yang cenderung keras.

Tahu

Makanan tahu juga rawan sekali disusupi formalin. Berbeda dengan jenis tahu yang alami, tahu yang berformalin memiliki tekstur yang sangat halus, dan tidak mudah hancur. Agak kenyal dan tidak begitu tercium aroma kedelainya.

Tempe

Makanan jenis tempe ini, merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat umum. Tempe yang memiliki kualitas bagus adalah tempe yang beraroma segar dan tercium bau khas kacang kedelainya, terasa padat jika ditekan, dan memiliki permukaan yang putih diselimuti jamur. Jika para pembaca teras olahraga melihat atau membeli tempe yang tidak mempunyai ciri seperti itu, bisa saja dikatakan mengandung formalin.

Mie Basah

Rata-rata mungkin para pembaca menyukai jenis makanan yang satu ini. Ya, namanya mie, ada beberapa macam jenis mie sebetulnya. Dalam kategori yang rentan disusupi oleh formalin adalah jenis mie basah. Mie basah yang mengandung formalin memiliki aroma yang sangat menyengat. Mie terlihat mengkilap seperti dilumuri minyak, teksturnya sangat kenyal, dan tidak mudah lengket.

Nah itulah artikel mengenai cara mengetahui makanan berformalin. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga dan menambah wawasan pengetahuan mengenai cara mengetahui makanan berformalin. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *