Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Meningkatkan kebugaran jasmani. Cara meningkatkan kebugaran jasmani merupakan langkah utama untuk meningkatkan kondisi fisik untuk menunjang pekerjaan setiap hari bagi masyarakat. Cara meningkatkan kebugaran jasmani ini, adalah dengan cara melakukan olahraga atau latihan fisik.

Olahraga dan latihan fisik, harus dilakukan dengan benar sesuai dengan konsep olahraga yang terangkum dalam konsep FITT (Frekuensi, Intensity, Time, Type).

Frekuensi berkaitan dengan jumlah melakukan olahraga dalam satu minggu

Intensitas berkaitan dengan berat ringannya suatu aktivitas yang berhubungan dengan denyut nadi. Untuk olahraga kesehatan intensitas yang dianjurkan adalah 60%-70% dari denyut nadi maksimal (DNM). Rumus DNM adalah 220-usia. Selama melakukan olahraga, denyut jantung harus berada pada 60%-70% dari DNM yang melakukan olahraga.

Time berkaitan dengan lama melakukan olahraga tersebut.

Type berkaitan dengan bentuk latihan atau olahraga yang dilakukan seperti Aerobik atau Anaerobik

cara meningkatkan kebugaran jasmaniApa itu Kebugaran Jasmani?

Sebelum membahas mengenai cara meningkatkan kebugaran. Kita harus pahami dulu pengertian kebugaran jasmani. Dari beberapa litelatur yang ada dalam konsep olahraga. Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan berarti, dan cepat pulih kembali untuk melaksanakan kegiatan pada esok harinya.

Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Dalam olahraga terdapat konsep kebugaran yang bisa digunakan oleh masyarakat. Level kebugaran jasmani harus ditingkatkan untuk menunjang prestasi bagi atlet atau menunjang pekerjaan sehari-hari bagi masyarakat umum.

Meningkatkan kebugaran jasmani harus menjadi perhatian penting bagi semua masyarakat supaya bisa menciptakan pribadi yang paripurna dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kebugaran

Olahraga yang dapat digunakan untuk meningkatkan kebugaran bagi masyarakat umum adalah yang memiliki ciri khas sebagai olahraga kesehatan. Ciri olahraga kesehatan adalah 5M 1A (Massal, Mudah, Murah, Meriah, Manfaat dan Aman).

Olahraga kesehatan bisa dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan kebugaran. Dengan ciri khas yang sudah disebutkan tadi. Contoh olahraga kesehatan adalah : Senam aerobik, jogging jarak jauh, bersepeda, jalan santai dan bentuk olahraga yang sesuai dengan karakteristik olahraga kesehatan tadi.

Lakukan olahraga yang anda tekuni minimal 1 minggu 3 kali untuk mendapatkan manfaat meningkatnya kebugaran jasmani. Usahakan jangan sampai kita menghentikan kebiasaan olahraga yang sudah rutin dilakukan. Karena efek positif yang diterima dari rajin berolahraga tidak hanya dirasakan sekarang, melainkan akan dirasa ketika kita mendekati usia senja.

Itulah artikel mengenai cara meningkatkan kebugaran jasmani. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *