Cara Meningkatkan Kesehatan dengan Bersepeda

Cara Meningkatkan Kesehatan dengan Bersepeda. Bersepeda merupakan sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu mode transportasi darat yang menggunakan sepeda. Bersepeda bisa menjadi sebuah cara meningkatkan kesehatan tubuh. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar berlomba kecepatan saja. Tentu menangtang bukan. Bersepeda juga merupakan sarana untuk refresing.

Bersepeda di pagi atau sore hari, selain berolahraga kita juga bisa melihat-lihat suasana kota dan sebaliknya dengan santai (alam,tanaman) untuk sekedar menghilangkan rasa jenuh atau mencari ide yang segar. Jika kita perhatikan, banyak pesepeda melakukan kegiatannya sambil mendengarkan musik earphone dan sekali-kali ikut bernyanyi.

Bersepeda Sebagai Cara Meningkatkan Kesehatan

Selain mengasikan, tentu bukan hal yang baru lagi jika bersepeda merupakan aktifitas yang sangat menyehatkan tubuh. Dengan bersepeda akan dapat mengatasi masalah kesehatan tubuh. Latihan fisik melalui bersepeda secara terus-menerus yang akan membantu mengembalikan kemampuan tubuh ditambah dengan input berupa suplai “makanan”. Lalu, otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga dapat menbantu kerja tulang belakang. Jadi bersepeda juga dapat menstabilkan kinerja tulang punggung.

cara meningkatkan kesehatan dengan bersepada

Olahraga bersepeda yang paling banyak memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, bersepeda merupakan olahraga yang murah, bisa menghilangkan stress, melatih otak kanan (kreativitas modifikasi), menjalin komunitas (bertambah teman) dan juga ramah terhadap lingkungan (go green).

Ilmu Kesehatan Olahraga

Kesehatan olahraga sudah mulai dikenal di dalam masyarakat dan telah menjadi salah satu gaya hidup mereka untuk menjaga kesehatan, bahkan untuk menyembuhkan sebuah penyakit yang sudah lama dirasakan dengan program yang terencana.

Olahraga kesehatan sangat berbeda dengan olahraga prestasi. Banyak yang tidak mampu membedakan antara olahraga kesehatan dan olahraga prestasi, olahraga kesehatan dan olahraga prestasi berbeda, hal yang mendasar yang sangat berbeda adalah intesitasnya, intensitas perbedaan antara olahraga prestasi dan olahraga kesehatan mempunyai patokan intensitas yang jelas.

1. Intensitas olahraga kesehatan : 65-80 % dari DNM dengan lama latihan 20 – 30 menit.

2. Intensitas olahraga prestasi : 80 – 90 % dari DNM dengan lama latihan 40 – 120 menit.

Olahraga kesehatan mempunyai ciri ciri diantaranya : gerakan yang mudah, intensitasnya sub maksimal dan yang jelas tidak dipertandingkan, olahraga kesehatan ini harus homogen serta gerakan dari olahraga kesehatan tidak boleh ada unsur eksplosifnya yang maksimal serta emosional.

Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilaksanakan oleh segala usia. Mengenai manfaatnya bagi kesehatan, bersepeda juga tak kalah besar dari olahraga berjalan kaki, jogging bahkan aerobik. Bepergian dengan sepeda kayu akan membantu Anda meningkatkan fitalitas, membakar kalori dan menghilangkan stres. Beberapa manfaat bersepeda:

  1. Cepat membakar kalori
  2. Membakar lemak dan mempertegas otot
  3. Meningkatkan suasana hati (mood)
  4. Dapat mencegah penyakit jantung
  5. Berdampak cidera rendah
  6. Bagus untuk meningkatkan stamina
  7. Meningkatkan kekebalan tubuh
  8. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Itulah artikel mengenai cara meningkatkan kesehatan dengan bersepeda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.