Cara Meningkatkan Metabolisme untuk Mempercepat Pembakaran Kalori

Cara Meningkatkan Metabolisme untuk Mempercepat Pembakaran Kalori. Bila metabolisme dalam tubuh lancar dan berfungsi dengan baik. Maka tubuhpun menjadi baik dalam meleraikan lemak dalam tubuh, meningkatkan jumlah kalori yang dapat dibakar oleh tubuh.  Begitupun sebaliknya, jika metabolism tidak lancar maka tubuh menjadi tidak baik dan bahkan lemak akan menumpuk di tubuh dan menjadi penyakit. Seperti kelebihan kalori yang menimbulkan penyakit obesitas.

Untuk meningkatkan metabolisme dalam pembakaran kalori banyak cara yang bisa dilakukan, contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

4 Cara Meningkatkan Metabolisme

Olahraga

Untuk meningkatkan metabolisme dan memperoleh metabolisme tubuh yang baik banyak cara yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari hari misalnya rutin olahraga. Dalam olahraga tidak hanya lari, badminton, volley, tetapi dengan hanya mengepel, menyapu di rumah atau melakukan kebersihan lingkunganpun itu bisa dikatakan olahraga, karena mengeluarkan keringat juga menghemat biaya.

Dengan olahraga akan memacu jantung untuk lebih cepat dalam memompa darah. sehingga perdedaran darah menjadi lebih cepat dan lancar, juga dapat membakar kalori dalam tubuh yang membuat berat badan kita terkontrol dan berkurang sedikit demi sedikit. Rajinlah dalam melakukan olahraga disarankan setiap pagi hari, karena udaranya masih segar.

Cara meningkatkan metabolisme

Cara meningkatkan metabolisme yang paling efektif dalam pembakaran kalori yaitu jalan cepat, jalan cepat juga tergolong dalam olahraga murah. Ketika jalan cepat menurut Wharton bahwa rata-rata metabolisme tubuh akan meningkat sedikitnya dalam 24 jam, tetapi harus dengan durasi jalan cepatnya dengan waktu yang cukup lama.

Senam aerobic dan latihan otot juga dapat mempercepat pembakaran kalori. Dengan senam aerobic banyak sekali lemak terkikis karena dalam senam itu semua badan digerakan dan pasti banyak mengeluarkan keringat.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh, karena pada saat tidur seseorang akan menghasilkan zat hormon yang dapat membuat kerja metabolisme tubuh menjadi cepat. Tidur juga berperan dalam penurunan ataupun kenaikan berat badan. Jika seseorang kurang tidur beresiko ‘kelaparan’ sehingga cenderung berlebihan mengonsumsi makanan.

Demikian juga dengan yang tidurnya berlebihan ketika bangun akan meningkatkan nafsu makannya. Waktu istirahat pada malam hari dipercaya mampu mengikis lemak hingga 2 kali lipat dalam tidur yang baik, cukup, berkualitas dapat meningkatkan konsentrasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University terletak di kota New York pada tahun 2004 dengan melibatkan 18.000 orang, menemukan hasil bahwa orang yang tidur kurang dari 4 jam setiap malam, memiliki kecenderungan sebesar 73% menjadi gemuk, dibandingkan dengan orang yang tidur selama 7-9 jam. Tetapi jika tidur lebih dari 10 jam juga beresiko kegemukan.

Kekurangan tidur juga dapat memicu stress, yang sangat beresiko tinggi karena dapat merusak dan mengganggu regenerasi sel tubuh. Jika seseorang stress maka biasanya akan kelaparan dan memicu seseorang menjadi banyak makan.

Cara meningkatkan metabolisme yang bagus ditunjang juga dengan tidur yang cukup.

Mengonsumsi makanan mengandung serat

Serat berfungsi untuk membantu tubuh dalam melakukan pembakaran lemak sebesar 30 %. Orang yang sering makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian jarang mengalami kegemukan. Bahkan jika mengonsumsinya rutin akan berdampak baik dalam pencernaan dan membantu dalam penurunan berat badan. Sumber terbaik dari jenis serat, seperti gandum, kacang-kacangan, dan beberapa buah-buahan.

Makan secara teratur

Makan harus teratur, karena jika berlebihan sampai kekenyangan dapat membahayakan tubuh. Sehingga seseorang harus mengetahui takaran jumlah makanan yang tepat untuk tubuhnya. Hindari telat makan karena akan menimbulkan penyakit, jangan lupa harus sarapan pagi setiap hari. Untuk memperoleh berat badan yang ideal harus membatasi asupan makanan dan membatasi kalori. Akan tetapi kalori juga tidak boleh rendah karena akan membahayakan metabolisme tubuh.

Disarankan makan 4-6 kali perhari, tetapi dalam porsi kecil, tujuannya agar metabolisme dalam tubuh dapat lebih stabil,sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih sempurna. Hindari diet ketat, karena jika tubuh kekurangan kalori maka tubuh akan memetabolisme dan membakar jaringan otot guna dijadikan energi.

Tidak hanya kegiatan saja untuk meningkatkan metabolisme supaya mempercepat pembakaran kalori, tetapi banyak juga makanan-makanan seperti :

  • Apel,
  • Teh hijau dan teh hitam,
  • Kopi hitam,
  • Oatmeal dan sereal biji-bijian,
  • Sayuran hijau,
  • Ikan salmon dan tuna,
  • Beras merah,

Untuk memperoleh tubuh ideal atau mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh, serta meningkatkan metabolisme itu banyak caranya. Bagaimana kita atau diri sendiri nyaman dalam melakukan hal tersebut. Jika dalam jalan santai kita resah taupun stress ya sama saja kita tidak dapat membakar kalori, bahkan dapat mendatangkan penyakit.

Maka dari itu dalam melakukan pembakaran kalori harus menenangkan dulu pikiran juga tubuh supaya bisa menerima dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Penulis

Sopa Nur Ramdhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *