Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Makan Polifenol

Cara menjaga kesehatan tubuh dengan makan polifenol. Menjaga kesehatan tubuh merupakan faktor penting untuk kelangsungan hidup kita. Banyak faktor dan cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita supaya terjaga, mulai dari berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Sebetulnya, jika kita bisa memahami konsep homeostatis (seimbanya input dengan output) maka tubuh kita akan tetap terjaga kesehatannya.

Banyak orang melakukan cara untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Yang menjad pertanyaan mungkin olahraga seperti apa yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh kita?. Makanan seperti apa yang cocok untuk menjaga kesehatan kita?.

Semua orang sudah mengetahui bahwa dengan berolahraga akan menjaga kesehatan tubuhnya. Contoh olahraganya seperti jogging, senam, gym di tempat fitnes dan lain sebagainya. Rajinnya kita melakukan olahraga, harus ditunjang dengan input makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya makanan yang enak di lidah saja lo…

Baca juga :

=> Olahraga Kesehatan

=> Manfaat Olahraga Kesehatan

=> Ciri-ciri Olahraga Kesehatan

=> Frekuensi Olahraga Kesehatan dalam 1 Minggu

Artikel kali ini kita akan coba fokus membahas mengenai makanan yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita.

menjaga kesehatan tubuh

Makanan Polifenol untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Senyawa polifenol merupakan bagian kelompok bahan kimia dengan lebih dari satu unit fenol per molekul. Kandungan polifenol ini sudah terdapat dalam makanan jenis tumbuhan. Yang paling sering dijumpai pada jenis tanaman adalah kandungan flavanoid, asam fenolat, katekin, anthocyanin, isoflavon, quercetin, dan resveratrol.

Makanan dari golongan buah-buahan, sayuran dan juga teh hijau merupakan sumber makanan yang kaya kandungan polifenolnya.

Jenis buah-buahan yang kaya kandungan polifenol adalah strawberi, bluberi, blackberry, cranberry, raspberry, apel, delima, ceri, anggur, pir, dan plum.

Jenis sayuran yang mengandung banyak polifenol adalah kubis, brokoli, bawang, peterseli, dan seledri.

Selain itu, kandungan polifenol bisa dijumpai dalam anggur merah, kopi, teh, cokelat, minyak zaitun, kacang-kacangan, kenari, almond, hazelnut, pistachio, pecan dan kacang tanah.

Beberapa macam jenis polifenol yang penting seperti flavon, flavanoid, resveratrol, dan isoflavon merupakan zat antioksidan yang memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi dan menjaga kekebalan tubuh kita.

Manfaat Jenis Makanan Polifenol untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Setelah kita bahas mengenai apa itu polifenol dan jenis makanan yang mengandung polifenol tersebut. Berikut ini merupakan manfaat jenis makanan polifenol yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Kebanyakan zat dari golongan polifenol merupakan zat antioksidan, sehingga bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita. Antioksidan akan dapat menetralisir radikal bebas yang bisa merusak sel.
  2. Makanan jenis polifenol akan dapat menghambat proses penuaan pada tubuh kita yang diakibatkan oleh zat radikal bebas. Supaya tidak cepat keliatan tua, makanya kita konsumsi nih, makanan jenis polifenol.
  3. Polifenol yang terkandung dalam makanan memiliki fungsi lain yaitu sebagai zat yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat dari sistem kekebalan tubuh kita bagus adalah kesehatan kita terjaga dan menjaga faktor resiko terkena penyakit.
  4. Makanan polifenol dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya. Dengan cara meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Jenis makanan polifenol berupa zat resveratrol memiliki sifat anti-tumor sehingga dapat menghambat pertumbuhan kanker.
  6. Penyakit keropos tulang seperti osteoporosis bisa dihambat dengan makan polifenol, yang terkandung dalam raspberry.
  7. Kandungan catechin yang terdapat dalam teh hijau merupakan zat yang dapat membantu proses menurunkan berat badan. Senyawa catechin tersebut membantu merangsang tubuh untuk membakar lemak dan kalori lebih banyak.
  8. Zat isoflavon yang termasuk ke dalam jenis makanan polifenol terdapat pada jenis makanan produk kedelai dapat membantu wanita mengatasi gejala menopause.

Dari manfaat jenis makanan polifenol tersebut kita bisa memasukkan jenis makanan yang kaya kandungan polifenol ke dalam menu makan sehari-hari. Dengan manfaat utama sebagai antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh akan menjaga kesehatan tubuh kita dari faktor resiko terserang penyakit.

Itulah artikel mengenai cara menjaga kesehatan tubuh dengan makan polifenol. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *