Fitnes Pada Bulan Puasa (Ramadhan)

Fitnes Pada Bulan Puasa (Ramadhan). Artikel kali ini akan membahas mengenai Fitnes pada bulan puasa ramadhan yang harus dilakukan untuk menunjang ibadah puasa kita. Bagi Anda yang beragama Islam, wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Ibadah puasa mewajibkan untuk menahan segala hawa nafsu. Termasuk nafsu makan dan minum mulai dari sebelum terbit matahari sampai terbenam matahari selama sebulan penuh.

Akibatnya, selama bulan berpuasa tersebut, banyak di antara kita yang menghindari fitnes dan pola makan yang sudah dijalankan sebelumnya dengan berbagai alasan yang berkaitan dengan asupan nutrisi dan tenaga yang berkurang. Padahal tidak seharusnya demikian, karena semua itu bisa diatasi dengan pola makan dan latihan yang benar saat berpuasa.

Bagaimana Program Fitnes pada Bulan Puasa?

Berpuasa dapat membantu program diet Anda untuk membuang lemak yang berlebih sekaligus tetap mempertahankan massa otot, asalkan mengikuti pola makan dan latihan yang benar. Selain itu, fitnes saat berpuasa justru dapat menjadikan tubuh tetap bugar dan fit ketika beraktifitas sehari-hari.

Fitnes pada bulan puasa

Anda dapat terus berlatih beberapa saat sebelum berbuka puasa dan pada malam hari. Berlatih sebelum berbuka justru akan membakar lebih banyak lemak tubuh. Namun beri waktu off latihan bagi tubuh untuk beristirahat selama 1-3 hari dalam seminggu.

Untuk tetap dapat menjalani program fitnes dengan baik selama berpuasa, Anda perlu memperhatikan 4 poin, antara lain:

  1. Pola Makan. Meski berpuasa, Anda tetap harus mengatur pola makan dengan baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  2. Pola Latihan. Latihan teratur tetap harus dilakukan untuk membuang lemak berlebih sekaligus menjaga massa otot, serta membuat tubuh tetap bugar dan fit sepanjang berpuasa.
  3. Pola Istirahat. Adalah faktor penting untuk memberikan waktu yang cukup baik dari segi kualitas dan kuantitas untuk melakukan perbaikan, pemeliharaan, dan pertumbuhan sel tubuh.
  4. Pola Suplementasi. Artinya kita mesti jeli memilih jenis suplemen yang akan membantu program kita.

Panduan program fitnes selama puasa ini disusun dalam bentuk tahapan-tahapan. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam memahami kunci-kunci penting yang sangat menentukan keberhasilan program Anda tanpa mengganggu ibadah puasa yang Anda kerjakan.

Dengan melakukan latihan fitness selama bulan puasa maka kebugaran kita akan tetap terjaga. Meskipun dalam kondisi sedang melakukan ibadah puasa.

Melakukan rutinitas latihan fitnes pada bulan puasa memang akan dirasa berat. Karena kondisi kita pada saat puasa tidak ada masukan makanan dan minuman pada tubuh. Hal tersebut bukan berarti membuat kita menjadi malas melakukan olahraga.

Itulah artikel mengenai Fitnes Pada Bulan Puasa (Ramadhan). Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.