Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet. Salam sobat pembaca teras olahraga. Untuk mengambil data situasi psikologis atlet yang berhubungan dengan prestasinya maka dibuat Instrumen tes berupa kuesioner yang di dalamnya terdapat pernyataan terkait beberapa suasana psikologis yang berkaitan dengan aspek psikologis penentu prestasi atlet.

Dalam contoh kuesioner mengeni aspek psikologis penentu prestasi atlet terdapat 42 butir pernyataan dengan mengacu pada aspek yang sudah dijelaskan pada postingan Aspek Psikologis Atlet, Penentu Prestasi. Berikut ini adalah contoh kuesioner yang bisa digunakan untuk menilai aspek psikologis penentu prestasi atlet sebagai bahan untuk evaluasi bagi pelatih kepada atlet itu sendiri. Kuesioner ini juga bisa diterapkan pada bidang lain.

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet

Cabang Olahraga: Nama :
Tanggal : Status :
Petunjuk : Di bawah ini terdapat 42 butir pernyataan sehubungan dengan suasana kejiwaan yang dapat anda rasakan sendiri. Buatlah penilaian diri tentang suasana kejiwaan yang anda rasakan cukup dengan menceklis pada kolom di samping pernyataan. SS=Sangat Setuju, S=Setuju, KS=Kurang Setuju, TS=Tidak Setuju, STS=Sangat Tidak Setuju

Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet

Konversi ke Angka
SS = 5
S = 4
KS = 3
TS = 2
STS = 1

Karena semua pernyataan dalam contoh kuesioner tersebut adalah pernyataan positif maka penskoran tidak ada yang dibalikkan seperti SS = 5. Kalau pernyataannya negatif maka SS = 1. Skala yang diambil adalah menggunakan skala likert.

Menafsirkan Hasil Kuesioner

Petunjuk : Untuk mengetahui hasil akhir. maka lihat kembali kuesioner yang sudah diisi oleh sampel atau responden tuliskan skor hasil konversi dari pengisian kuesioner sampel pada tabel di bawah ini. Contoh : Jika si A menjawab pada nomor 1 = SS maka dia mendapat skor 5. Kemudian masukan pada kolom skor disesuaikan dengan nomor butir soal yang tertera pada tabel di bawah ini.

Pengambilan dimensi motivasi, fokus, percaya diri, pengendalian, visualisasi dan persiapan didasarkan pada penjelasan mengenai aspek psikologis penentu prestasi yang bisa dilihat pada postingan saya yang berjudul Aspek Psikologis Atlet, Penentu Prestasi.

Berikutnya adalah membuat grafik supaya mudah dipahami dalam penyajian pada saat evaluasi tiap atlet. Contoh grafiknya bisa sobat teras olahraga buka pada postingan saya yang berjudul Instrumen Tes Psikis (Kejiwaan) Mood atau Mental Set Atlet (Evaluasi Diri).

Sekian postingan kali ini mengenai Instrumen Tes Aspek Psikologis Penentu Prestasi Atlet. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih

(Visited 116 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.