Kebugaran Jasmani

kebugaran jasmani

Halo para insan olahraga. Postingan kali ini kita akan coba bahas mengenai kebugaran jasmani. Apa sih yang di maksud dengan kebugaran jasmani? Apa saja komponen kebugaran jasmani? Bagaimana cara meningkatkan kebugaran kita? Dan untuk apa kita memiliki tingkat kebugaran jasmani yang bagus?. Beberapa pertanyaan tersebut memang sangat mendasar sekali mengenai kebugaran tubuh kita.

Banyak sekali orang ingin memiliki kualitas kebugaran yang bagus, sehingga mereka melakukan berbagai macam aktifitas fisik dengan alasan ingin bugar. Kebugaran tidak akan di dapat dengan mudah dan singkat, butuh ketekunan melakukan latihan fisik untuk mencapai tingkat kebugaran yang sangat bagus.

Seperti seorang atlet yang terus melakukan latihan seminggu bisa mencapai 6 kali latihan, tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kebugaran mereka sampai level maksimal supaya mereka bisa meraih prestasi yang maksimal. Nah bagaimana dengan kita yang tujuannya bukan untuk meraih prestasi seperti atlet-atlet, kita masih bisa meningkatkan kebugaran dengan tujuan untuk menunjang aktifitas kehidupan kita seperti bekerja dan hal-hal lainya. Kok bisa begitu? Apakah berkaitan kebugaran dengan aktifitas kehidupan kita?.

A. Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk bekerja dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan siap melakukan aktifitas kembali ke esokan harinya. Dari pengertian tersebut bisa kita hubungkan dengan kegiatan kita sehari-hari. Semakin bagus tingkat kebugaran kita maka semakin lama kita mampu bekerja secara maksimal tanpa adanya penurunan kualitas kerja kita.

kebugaran jasmani

B. Komponen Kebugaran Jasmani

Di dalam kebugaran jasmani terdapat komponen kebugaran jasmani diantaranya adalah kekuatan, kelenturan, daya tahan, kecepatan, kelincahan, daya ledak, koordinasi, keseimbangan, kecepatan reaksi. Cara meningkatkan tiap komponen kebugaran akan dijelaskan di postingan-postingan berikutnya.

C. Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran kita adalah melakukan olahraga yang teratur seminggu minimal 3 kali untuk mendapatkan peningkatan kualitas kebugaran kita. Olahraga yang disarankan yaitu olahraga aerobik yang memang menuntut suplay oksigen terus menerus sehingga tubuh dilatih untuk terus bekerja dengan input oksigen yang lancar. Olahraga aerobik bukan hanya senam aerobik yang banyak dilakukan di berbagai tempat, tetapi banyak juga olahraga aerobik lainnya untuk meningkatkan kebugaran kita seperti bersepeda jarak jauh, jogging jarak jauh.

Olahraga aerobik memiliki ciri-ciri:

  1. Intensitasnya rendah dan konstan
  2. Dilakukan dalam waktu yang lama sekitar 1 – 2 jam
  3. Tidak cepat lelah
  4. Energi yang dipakai dari glikogen kita
  5. Serabut otot yang dipakai serabut otot merah
  6. Suplay oksigen terus menerus.

Orang yang memiliki kebugaran sudah pasti sehat tp belum tentu orang yang sehat memiliki kebugaran. Nah itulah yang harus kita perhatikan, betapa pentingnya arti dari kebugaran. Orang yang bugar bisa bekerja lebih lama, lebih efektif dan lebih produktif. Banyak sekali instansi-instansi pemerintah yang mengadakan olahraga aerobik dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran pegawainya.

Sekian postingan mengenai kebugaran jasmani kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih

(Visited 44 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.