Konsep Permainan Olahraga Bola Voli

Konsep Permainan Olahraga Bola Voli. Pada dasarnya permainan olahraga bola voli itu adalah permainan tim atau beregu yang dimainkan oleh enam orang pemain dalam satu tim. Meskipun sekarang sudah mulai dikembangkan permainan bola voli dua lawan dua dan satu lawan satu yang lebih mengarah kepada tujuan olahraga prestasi seperti voli pantai.

Sejarah Olahraga Bola Voli

Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Menurut Barbara dkk, (2004:1) pada tahun 1896 Alfred T. Halstead mengubah nama menjadi bola voli setelah menganggap permainan ini lebih sesuai diberi nama tersebut mengingat ciri permainan ini dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying).

Aturan dasar lainnya, bola boleh dimainkan/dipantulkan dengan temannya secara bergantian tiga kali berturut-turut sebelum diseberangkan ke daerah lawan. Tinggi net dalam melakukan permainan bola voli ini untuk putri adalah 2,24 meter dan untuk putra 2,44 meter. Menurut Suharno (1981: 1) permainan bola voli adalah olahraga yang dapat dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa baik wanita maupun pria.

Pada awalnya permainan bola voli adalah memasukkan bola ke daerah lawan melewati suatu rintangan berupa tali atau net dan berusaha memenangkan permainan dengan mematikan bola itu di daerah lawan. Saat ini permainan bola voli yang digunakan sudah mengacu pada peraturan internasional, bahwa permainan bola voli adalah olahraga beregu, dimainkan dua regu di setiap lapangan dengan dipisahkan oleh net.

Menurut Nuril Ahmadi (2007:19) Permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Diperlukan pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dan teknik-teknik lanjutan untuk dapat bermain bola voli secara efektif.

Arena Olahraga Bola Voli

Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Lapangan dikelilingi daerah bebas selebar 3 meter. Untuk kompetisi internasional yang resmi daerah bebas tersebut minimal berukuran 5 meter.

lapang olahraga bola voli

Pengertian Permainan Bola Voli

Permainan bola voli dilakukan oleh dua tim yang masing-masing tim berjumlah enam orang. Jadi dapat disimpulkan permainan bola voli adalah permainan yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke udara dengan melewati diatas net dan memasuki daerah lawan agar mendapatkan poin atau angka. Dalam setiap set angka yang diperoleh dalam tim harus mencapai 25. Apabila terjadi poin 24-24 maka untuk memenangkan pertandingan harus mencapai selisih dua angka.

Bermain bola voli merupakan salah satu bentuk latihan yang banyak diminati oleh atlet. Latihan bermain biasanya  dilakukan  pada akhir suatu sesi latihan. Latihan ini dilakukan dalam 2 – 3 set dalam suatu latihan. Tiap set dalam permainan bola voli ini biasanya mencapai waktu antara 20 sampai 25 menit.

Pada atlet yunior kemampuan untuk bermain masih sangat kurang, dikarenakan masih banyak atlet yunior saat bermain terlihat pasif dan kurang memperhatikan tugas untuk menjaga daerah lapangannya. Keadaan ini terlihat dari masih banyaknya atlet hanya melihat temannya dalam melakukan serangan maupun dalam keadaan bertahan.

Dalam latihan bermain seharusnya seluruh pemain selalu aktif dan selalu bergerak pada saat bermain agar selalu siap dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Kekompakan dalam menjaga daerah masing – masing sangat diperlukan agar bola tidak mati di daerah lapangan sendiri. Hal semacam ini harus selalu diperhatikan karena ini dapat berpengaruh pada saat pertandingan.

Bola Rally dalam permainan bolavoli waktunya hanya sekitar tujuh sampai delapan detik, selanjutnya bola mati yang waktunya sekitar tiga kalinya. Dengan demikian energi akan tercukupi oleh sistem fosfagen. Waktu antara bola mati sampai servis, time out, istirahat antar set panjangnya tiga kali waktu rally, sehingga jika dimanfaatkan dengan baik sistem fosfagen  akan  sudah pulih kembali, tanpa terjadi akumulasi laktat yang berarti.

Ringkasan Konsep Permainan Bola Voli

Berdasarkan uraian di atas permainan bola voli dilakukan oleh dua tim dimana setiap tim berisi enam pemain. Permainan dilakukan dengan cara menyeberangkan bola ke daerah lawan.

Dalam permainan bola voli apabila bola melewati garis batas lapangan maka dianggap mati atau out, namun apabila bola menyentuh pemain lawan maka dianggap syah atau poin bagi regu yang menyerang.

Setiap tim diberi tiga kali kesempatan untuk melambungkan bola untuk dapat menyebrangkan bola ke daerah lawan. Dalam menyeberangkan bola ada pembatas yaitu berupa net.

Ketinggian net untuk bola  voli putra adalah 2,44 meter, sedangkan untuk putri adalah 2,24 meter. Poin yang harus didapat adalah 25 setiap set.

Dalam permainan bola voli tim yang mendapat tiga kali kemenangan dalam pertandingan dinyatakan sebagai pemenang. Maksimal set dalam satu pertandingan adalah 5 set.

Itulah artikel mengenai Konsep Permainan Olahraga Bola Voli. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih

(Visited 267 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.