Latihan Pliometrik Meningkatkan Daya Ledak Otot

Latihan Pliometrik Meningkatkan Daya Ledak Otot. Istilah pliometrik pertama kali diperkenalkan oleh Wilt tahun 1973 dari Amerika. Pliometrik merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa latin plio dan metrics yang berarti peningkatan terukur (measurable increase). Dari asal kata atau istilah ini kemudian ada pendapat dari Chu (1992) yang mengemukakan bahwa latihan pliometrik dapat berdampak pada kontraksi otot menjadi kuat dengan gerakan yang sangat cepat.

Pengertian Latihan Pliometrik Meningkatkan Daya Ledak Otot

Pliometrik adalah bentuk latihan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas atlet berupa daya ledak otot = power (kekuatan dan kecepatan) yang dilakukan secara eksplosif. Latihan pliometrik merupakan bentuk latihan dengan ciri khusus yaitu kontraksi otot yang sangat kuat dan cepat, merupakan respon dari pembebanan dinamik atau regangan yang cepat dari otot-otot yang berkontraksi.latihan pliometrik meningkatkan daya ledak ototElastisitas otot menjadi faktor penting yang menyebabkan latihan pliometrik bisa menghasilkan daya ledak otot yang lebih besar. Sebagai analoginya, sebuah karet yang diulur terdapat potensial aksi yang bisa dengan cepat menarik kembali pada posisi semula.

Pliometrik merupakan bentuk latihan yang dianjurkan untuk cabang-cabang olahraga yang memiliki karakteristik gerak teknik dasarnya kuat dan cepat. Sesuai dengan pengertian dari daya ledak otot yaitu kemampuan otot untuk berkontraksi secara eksplosif (kuat dan cepat).

Pembagian Bentuk Latihan Pliometrik Meningkatkan Daya Ledak Otot

Radcliffe dan Farentinos membagi bentuk latihan pliometrik menjadi 3 bagian:

  1. Latihan untuk otot pinggang dan tungkai, meliputi: loncat lambung, loncat-loncat, lompat, lompat langkah, langkah loncat, lompat pantul.
  2. Latihan untuk otot togok, meliputi: melenting, mengayun, memutar, menekuk.
  3. Latihan untuk anggota gerak atas, meliputi: menekan, mengayun, melempar.

Laihan pliometrik merupakan sebuah konsep atau wujud dari latihan yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan kontraksi otot yang kuat dan cepat serta ciri khas gerakan eksplosif, untuk meningkatkan daya ledak otot.

Itulah artikel mengenai latihan pliometrik, semoga bisa menambah pengetahuan kita mengenai sebuah konsep latihan. Sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan komponen kondisi fisik yang mendukung terhadap kinerja kita dalam berolahraga. Terima Kasih.

(Visited 117 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.