Macam Bentuk Tubuh dan Cara Mengukurnya

Macam Bentuk Tubuh dan Cara Mengukurnya. Artikel kali ini membahas mengenai bentuk tubuh kita sebagai salah satu indikator kesehatan. Bentuk tubuh manusia terbagi menjadi 3 bagian yaitu endomorph, mesomorph dan ektomorph. Beberapa orang ada yang menyebut bentuk tubuh terdiri dari bentuk apel, pir dan tongkat. Bentuk tubuh seperti apel pada umumnya berbentuk bulat di bagian tengah, bentuk tubuh pir besarnya terlihat di pinggulnya sedangkan bentuk tubuh tongkat diibaratkan sebagai orang yang kurus.

Untuk memahami lebih jelasnya mengenai macam bentuk tubuh, berikut ini penjelasannya.

Penjelasan Macam Bentuk Tubuh Manusia

Seperti sudah diulas pada paragraf awal, bentuk tubuh kita terbagi menjadi 3 yaitu berbentuk apel, pir dan tongkat. Mari kita perhatikan penjelasannya satu persatu.Macam bentuk tubuh manusia

Bentuk Tubuh Apel

Tipe orang dengan bentuk tubuh apel ini lebih cenderung menyimpan lemak pada tubuh bagian tengah, mulai dari bagian dada sampai pinggul. Penyimpanan lemak pada bentuk tubuh ini terdapat pada bagian dalam maupun luar.

Orang dengan bentuk tubuh apel ini memiliki resiko besar terkena penyakit diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit yang menyerang ginjal.

Bentuk tubuh seperti ini, sebetulnya cukup mudah untuk menurunkan berat badannya, jika memiliki keinginan kuat untuk menurunkan berat badannya. Cara efektif dan sehat dalam menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga teratur seperti dalam bentuk latihan kardio untuk membakar lemak yang bisa dilakukan di rumah.

Bentuk Tubuh Pir

Orang dengan bentuk tubuh pir ini, lebih banyak menimbun lemak di daerah pinggul dan paha serta memiliki pinggul yang lebih besar dari bahu. Dengan begitu bentuk tubuh pir ini terlihat tidak proporsional dikarenakan tubuh bagian atas terlihat lebih ramping dibandingkan dengan tubuh bagian bawah.

Bentuk tubuh seperti pir ini lebih rendah faktor resiko terkena penyakit seperti pada bentuk tubuh apel. Tapi dalam hal penampilan, terkadang suka membuat frustasi dikarenakan sulit untuk memperbaiki bentuk tubuh menjadi terlihat proporsional. Hal tersebut terjadi dikarenakan ketika melakukan latihan menurunkan berat badan, maka yang berkurang adalah berat tubuh bagian atas.

Bentuk Tubuh Tongkat

Pada bentuk tubuh tongkat ini, memiliki pinggang yang seolah-olah tidak terlihat. Terlihat langsing tapi tubuhnya tidak terlalu terbentuk dengan ototnya. Macam bentuk tubuh tongkat ini tidak terjadi kelebihan berat badan, terkadang terlihat ideal tetapi kebanyakan kurang berat badan menuju ideal.

Latihan yang cocok untuk melatih seseorang dengan bentuk tubuh tongkat adalah menggunakan latihan beban (weight training). Latihan beban atau weight training sebaiknya ditemani oleh instruktur fitnes di tempat kebugaran (gym).

Indikator Resiko Kesehatan

Bentuk tubuh manusia merupakan salah satu indikator resiko kesehatan. Terdapat beberapa indikator resiko kesehatan lainnya yang perlu diketahui oleh masyarakat luas, supaya terhindar dari gangguan kesehatan yang merugikan tubuh.

Indikator resiko kesehatan selain bentuk tubuh adalah

  • faktor keturunan dan sejarah keluarga
  • kebiasaan merokok dan minuman keras
  • tingkat kolesterol
  • kebiasaan (gaya hidup)

Cara Mengukur Bentuk Tubuh

Cara mengukur bentuk tubuh kita adalah dengan mengetahui perbandingan ukuran pinggang dan pinggul. Cara menghitung ini untuk mengetahui tubuh kita termasuk pada bentuk tubuh apel, pir atau tongkat.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengukur bentuk tubuh kita:

  1. Ukur pinggang pada pusar atau sedikit di atasnya.
  2. Ukur pinggul dengan menekuk lutut dan menekan paha keluar. Ukur lingkaran dimana tulang pinggul berada.
  3. Bagilah ukuran pinggang dengan ukuran pinggul untuk mendapatkan angka rasionya. Wanita seharusnya memiliki rasio 0,8 atau lebih rendah; untuk laki-laki seharunya memiliki rasio 0,95 atau lebih rendah.

Catatan:

  • Jika cenderung memiliki bentuk tubuh tipe apel, maka perlu merencanakan sebuah program hidup sehat (kurangi berat badan apabia diperlukan) untuk menurunkan faktor resiko apapun yang mengancam kesehatan tubuh kita.
  • Jika cenderung memiliki bentuk tubuh seperti buah pir, maka biasanya memiliki faktor resiko kesehatan yang lebih rendah dan ini merupakan kabar baik bagi kita. Bagaimanapun kita perlu memfokuskan latihan kebugaran untuk menghilangkan kelebihan lemak dalam tubuh terutama lemak tubuh bagian bawah.
  • Jika kita cenderung memiliki bentuk tubuh tongkat, maka kit aperlu berlatih untuk membentuk pinggang. Salah satunya bisa dibantu dengan bentuk latihan weight training atau latihan beban.

Setelah mengetahui macam bentuk tubuh manusia dan cara mengukurnya, maka kita bisa praktekkan untuk mengukur bentuk tubuh kita sendiri.

Berani Mencoba?

Termasuk bentuk tubuh mana – apel, pir, dan tongkat.?

Itulah artikel mengenai Macam bentuk tubuh dan cara mengukurnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *