Manfaat dan Tips Para Ahli Melakukan Yoga untuk Pemula di Rumah

Manfaat dan Tips Para Ahli Melakukan Yoga untuk Pemula di Rumah. Yoga adalah latihan yang luar biasa dan memiliki manfaat baik bagi laki-laki maupun perempuan. Latihan Yoga memiliki 50 lebih bentuk latihan yang berbeda dan memiliki manfaat yang sangat berharga bagi pikiran, tubuh, dan jiwa. Latihan yoga merupakan jenis latihan low impact (intensitas rendah) sehingga bisa dilakukan oleh semua kalangan usia dengan tingkat kesehatan yang berbeda-beda. Latihan Yoga telah meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun ini. Tapi bagi sebagian orang, terasa sulit untuk memulai latihan yoga ini. Terdapat beberapa pose yoga, bahasa, dan teknik yoga yang bisa dilakukan di rumah dan memiliki manfaat untuk pemula. Yakinkan diri kita, untuk memulai latihan yoga dengan jumlah pose yoga yang banyak, sehingga bisa menjadi pilihan bagi kita untuk memulainya. Setelah memulai latihan yoga, maka latihan berikutnya akan terasa ringan, meskipun pada awal-awal latihan merasa berat.

Manfaat Latihan Yoga

Terdapat beberapa manfaat yoga bagi tubuh jika dilakukan secara rutin. Maksud rutin disini adalah mengacu pada frekuensi melakukan latihan yoga dalam waktu satu minggu yaitu 3 kali. Contoh manfaat yoga adalah meningkatkan fleksibilitas (kelenturan) tubuh dan memperkuat Core (otot inti tubuh). Selain memiliki manfaat pada fisik atau jasmani saja, latihan yoga memiliki manfaat pada bagian psikis (jiwa) manusia. Berikut ini beberapa manfaat psikis dari latihan yoga.

1. Meningkatkan Mood (Suasana Hati) dan Menambah Kepuasan Diri

Saat berlatih yoga Anda dianjurkan untuk mengatur pernapasan dengan menggunakan meditasi dan teknik pernapasan dalam. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperlambat pernapasan; meninggalkan permasalahan yang ada dalam otak, dan merasa jauh lebih santai. Kejadian tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan dengan hasil adanya stimulasi (rangsangan) aktivitas otak, yang mengarah pada suasana hati yang lebih positif. Studi tersebut menemukan adanya peningkatan aktivitas Gamma-Aminobutyric Acid (GABAergic) bagi mereka yang berlatih yoga secara teratur.

Penelitian tersebut dilakukan selama 12 minggu dengan membandingkan kelompok yang melakukan aktivitas berjalan dibandingkan dan kelompok yang berlatih yoga secara teratur. Hasilnya terdapata peningkatan kadar GABA yang lebih tinggi pada kelompok yoga. Tingkat GABA yang rendah berkaitan dengan kecemasan dan depresi.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Yoga telah terbukti meningkatkan kemampuan seseorang untuk fokus dan berkonsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang jauh lebih mampu untuk fokus dan mempertahankan konsentrasinya setelah sesi latihan yoga. Peneliti membandingkan kelompok yoga dengan kelompok yang telah melakukan olahraga rutin di gym. Hasilnya adalah kelompok gym tidak memiliki fokus saat diminta melakukan tugas.

Tidak ada jawaban pasti mengapa hal ini bisa terjadi. Namun, para peneliti menunjukkan fakta bahwa yoga meningkatkan kesadaran diri sehingga menyebabkan keadaan cemas berkurang dimana fungsi kognitif bisa ditingkatkan.

Baca juga => 30 Menit Latihan Yoga di Rumah Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

3. Meningkatkan Hubungan Pikiran dan Tubuh

Yoga telah lama terbukti meningkatkan hubungan antara pikiran dan tubuh, terutama melalui penggunaan pose dan teknik pernapasan tertentu. Pose dan teknik pernapasan tertentu telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh sistem saraf.

‘Percakapan’ tubuh antara mental dan fisik dapat diperbaiki dengan berbagai jenis gerakan dan olahraga. Yoga sangat baik untuk tujuan ini karena mendorong gerakan untuk disinkronkan dengan pernapasan teratur. Maka yoga adalah tentang kesatuan pikiran dan tubuh, karenan pikiran dan tubuh merupakan dua sisi mata uang yang sama.

Baca juga => Latihan Yoga Mengecilkan Paha

4. Meningkatkan Pengetahuan/Kesadaran Diri

Memiliki kesadaran diri atau pengetahuan diri dianjurkan oleh banyak psikoterapis. Mereka yang sedang mencari kesadaran diri harus diberi perhatian bahwa kesadaran diri tidak didapat dengan cara sederhana. Namun, dengan yoga dapat mewujudkan kesadaran diri dan hasilnya sangat bagus kita. Setelah ini tercapai, pengalaman hidup menjadi jauh lebih kaya, dengan pandangan positif tentang hidup yang memungkinkan praktisi yoga mengalami sensasi fisik yang biasanya tidak dirasakan di dalam batas-batas kesadaran normal.

Manfaat dan Tips Para Ahli Melakukan Yoga untuk Pemula di Rumah

Perasaan tidak dipengaruhi oleh kata atau pemikiran sehingga bisa menjadi penyemangat, yang menyebabkan perubahan halus tapi jelas terlihat dalam pikiran dan jiwa. Dengan belajar mengabaikan obrolan pikiran sambil memperkuat tubuh, kita bisa membuka rahasia kesadaran/pengetahuan diri.

Baca juga => Gerakan Yoga untuk Melangsingkan Tubuh

8 Tips Melakukan Yoga untuk Pemula

Berikut adalah 8 tips bagi siapa pun yang baru mengenal yoga untuk memastikan bahwa yoga menyenangkan bagi semua orang.

1. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Kemungkinan ada seseorang dalam kelas yoga yang kita ikuti telah melakukan yoga secara signifikan lebih lama dari kita dan orang tersebut benar-benar tahu mengenai latihan yoga. Cobalah untuk tidak membandingkan diri kita dengan mereka karena mungkin akan membuat kita berkecil hati dan menyerah. Terimalah bahwa setiap orang memiliki gaya unik mereka sendiri dan memiliki tahapan yang berbeda; berkonsentrasi pada apa yang sedang kita lakukan.

2. Dengarkan tubuh kita

Yoga melibatkan otot dan bagian tubuh kita sehingga dimungkinkan terjadi hal-hal yang tidak biasanya dikarenakan kita tidak terbiasa berolahraga. Penting bagi kita mendengarkan tubuh jika mulai terasa sakit, maka pada saat itu sudah waktunya kita untuk beristirahat. Cobalah untuk tidak melakukan terlalu banyak atau terlalu cepat dalam melakukan latihan yoga dan pastikan untuk beristirahat saat tubuh kita menyuruh istirahat.

3. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman

Yoga melibatkan gerakan peregangan dan gerakan yang mungkin tidak biasa dilakukan. Dengan memakai pakaian longgar dan nyaman. Setelah mencoba beberapa kali latihan yoga, maka kita akan menyadari jenis pakaian apa yang terbaik untuk melakukan yoga.

4. Tetap melakukan hidrasi (input minum air)

Gerakan pada yoga, terutama jika tidak terbiasa dengan latihan ini bisa sangat melelahkan dan mungkin sering berkeringat. Penting untuk memastikan melakukan hidrasi yaitu minum cukup air sebelum, selama dan setelah sesi yoga.

5. Latihan yoga tanpa alas kaki

Latihan yoga tanpa alas kaki akan membantu keseimbangan dan memastikan kualitas gerakan yang mulus. Jika tidak ingin tanpa alas kaki maka kita dapat membeli kaus kaki yoga untuk membantu keseimbangan.

6. Mempertahankan rasa humor

Ingat bahwa kita sedang mempelajari keterampilan baru dan tidak dapat diharapkan untuk langsung bisa sejak awal. Yoga mencakup beberapa pose latihan yang tidak biasa dan beberapa orang mungkin menganggap ini lebih sulit daripada yang lain. Pertahankan rasa humor kita selama melakukan latihan yoga dan kita bisa melewati beberapa sesi latihan yoga.

7. Makanlah makanan ringan beberapa jam sebelum sesi

Seperti jenis olahraga lainnya, hindari makan besar sebelum memulai sesi. Cobalah untuk masing-masing makanan ringan beberapa jam sebelum sesi dan makan makanan sehat sesudahnya.

8. Berlatih singkat dan sering

Awalnya mungkin cukup melelahkan dan nampaknya sulit untuk mengikuti semua pose dan bahasa dalam latihan yoga. Kita lebih baik berlatih dalam interval yang singkat dan teratur untuk meningkatkan keterampilan fisik dan daya tahan kita.

Yoga Workout Video

Itulah artikel mengenai Manfaat dan Tips Para Ahli Melakukan Yoga untuk Pemula di Rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.