Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

manfaat lari pagi

Terdapat banyak sekali manfaat lari pagi bagi kesehatan. Selain membuat tubuh kita supaya lebih sehat dan bugar, manfaat lari pagi juga bisa membuat pernafasan kita menjadi bersih. Karena udara yang dihirup pada pagi hari belum tercemar oleh polusi dan masih bersih.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat lari pagi bagi kesehatan bagian penting dalam tubuh. Bagian penting dalam tubuh kita adalah berbagai macam sistem tubuh seperti sistem saraf yang termasuk di dalamnya adalah otak, jantung, dan sistem otot dengan tulang kita. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat lari pagi bagi kesehatan silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Lari Pagi

A. Menjaga Kesehatan Jantung

Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu, 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Ditambah, mereka juga tidak akan menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Semakin sehat jantung seseorang, maka dia akan mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan cara kerja yang efektif dan efisien. Bahkan, kemampuan tubuh seseorang yang dituntut untuk bekerja dalam waktu yang lama, ditentukan oleh otot jantungnya.

B. Menguatkan Tulang

Massa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri.

Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

Dengan tingkat kepadatan yang tinggi, maka tulang akan mampu menopang tubuh kita selama melakukan aktivitas fisik.

C. Lancar Berfikir

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.

Dengan melakukan lari pagi, maka aliran oksigen ke otak sebagai pusat berfikir akan semakin lancar. Dengan tersuplainya oksigen secara terus menerus tanpa adanya hambatan, maka otak akan mampu bekerja secara maksimal.

D. Jarang Terkena Flu

Pelari yang rutin melakukan aktivitas berlari satu jam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu sampai 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.

Dengan rutin melakukan lari apalagi di pagi hari akan memberikan efek positif pada sistem imun tubuh kita.

E. Bernafas Lebih Lega

Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

Itulah artikel mengenai manfaat lari pagi bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga dan dapat menambah wawasan mengenai pentingnya berolahraga bagi kesehatan tubuh. Terima Kasih.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.