Melatih Otot Bahu dengan Latihan Dumbbel Press

Melatih Otot Bahu dengan Latihan Dumbbel Press. Latihan dumbbel memiliki beberapa keunggulan di bandingkan peralatan fitnes lainnya yang digunakan dalam latihan beban. Misalnya, latihan dumbbel membuat kita menstabilkan otot-otot yang penting untuk melakukan Dumbell Press, keseimbangan dan postur tubuh. Tidak seperti beberapa peralatan fitnes yang menggunakan gerakan yang mungkin memerlukan anda untuk membiasakan diri terlebih dahulu, latihan dumbbel banyak menggunakan pola alami tubuh dan juga menggabungkan berbagai gerakan yang lebih besar dari pada peralatan fitnes lain.

Latihan beban membantu membangun otot dan menghilangkan lemak tubuh lebih cepat. Latihan dumbbel merupakan bagian dari latihan ketahanan dan kekuatan, dimana anda dapat mengencangkan otot tubuh bagian atas.

Baca Juga => Metode dan Sistem Latihan Beban

Prinsip Melatih Otot Bahu dengan Latihan Dumbbel Press

Latihan otot bahu pada prinsipnya dibagi menjadi dua latihan yaitu latihan dengan gerakan raises dan press. Latihan dengan gerakan raises adalah jenis latihan yang dapat dilakukan dengan menggunakan dumbell, barbell, maupun cable.

Latihan dengan gerakan press dapat di lakukan dengan menggunakan barbell, dumbell dan mesin. Gerakan di mulai dengan posisi siku bengkok dan posisi tangan lurus. Jenis latihan press selain memberi tekanan utama otot bahu juga memberi tekanan pada otot triceps.

Manfaat Melatih Otot Bahu dengan Latihan Dumbbel Press Bagi Wanita

Latihan otot bahu juga sangat membantu kaum wanita untuk memperbaiki postur tubuhnya terutama yang memiliki struktur seperti buah pir yaitu bahu sempit dan panggul besar dengan berlatih bahus secara baik dan optimal, proporsi di harapkan dapat membaik. Hanya perlu dicatat bahwa sebaiknya kaum wanita tidak perlu melatih otot trapezius terlalu banyak. Hal ini justru akan mengurangi keindahan. Wanita membutuhkan penampilan leher jenjang sehingga terlihat feminim.

Untuk latihan Dumbell Press, Barbell, Tujuanya adalah melatih otot bahu terutama deltoid depan dan samping. Latihan ini dapat dilakukan baik dengan dumbell atau barbell dengan posisi duduk atau berdiri, seperti gambar di bawah ini:

Melatih otot bahu dengan latihan dumbbel pressCara melakukan latihan dumbbel press dengan posisi berdiri adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama: Berdiri dengan kaki di buka sedikit sejajar dengan buhu. Kedua sisi badan sejajar dengan bahu dan di tekuk 90.

Langkah Kedua: Angkat kedua tangan lurus ke atas, bersikaplah rileks, kemudian ke posisi semula.

Keuntungan berlatih dengan dumbell adalah tekanannya yang konstan pada kedua sisi samping deltoid. Latihan dapat dilakukan baik dengan posisi duduk atau berdiri. Apabila ingin melakukan latihan dengan satu tangan (one Arm) maka salah satu lengan lain melakukan tumpuan.

Lakukan gerakan melatih otot bahu dengan latihan dumbbel press ini sebanyak 3 set. Dengan frekuensi melakukan tiap setnya sebanyak 10-12 kali dengan terlebih dahulu mencari beban awal tubuh kita.

Baca Juga => Konsep dan Bentuk Latihan Beban (Weight Training)

Melatih otot bahu dengan latihan dumbbel press ini bisa dilakukan seminggu 3 kali dengan diselingi waktu istirahat satu hari. Bagi para pembaca yang sedang menjalankan program latihan fitnes bisa mengikuti pola latihan fitnes untuk pemula pada artikel pola latihan fitnes untuk pemula.

Itulah artikel fitnes mengenai melatih otot bahu dengan latihan dumbbel press. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *