Membuat Makanan Sehat untuk Lansia

Membuat Makanan Sehat untuk Lansia. Bertambahnya usia manusia, maka akan terjadi penurunan fungsi pada tubuhnya. Contoh konkrit untuk lansia adalah telah kehilangan banyak gigi, sehingga tidak lagi mampu memakan makanan yang keras. Tujuan membuat makanan sehat untuk lansia ini salah satunya untuk menjaga sistem pencernaannya tidak terkena berbagai macam penyakit.

Dengan keadaan tersebut, maka membuat makanannya juga berbeda dengan makanan orang yang masih muda. Selain fungsi organ dalam sistem pencernaannya sudah mulai berubah, maka kebutuhan gizi dan nutrisi juga berubah. Karena rentannya potensi penyakit yang bisa dengan mudah menyerang lansia.

membuat makanan sehat untuk lansiaTip Membuat Makanan Sehat untuk Lansia

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat makanan sehat untuk lansia, supaya kesehatan lansia tersebut bisa tetap terjaga.

Jika para pembaca sedang merawat lansia, baik itu nenek, atau siapa saja. Maka beberapa tips cara membuat makanan sehat untuk lansia yang dijelaskan di bawah ini bisa menjadi pertimbangan.

  • Membuat makanan dengan bumbu yang tidak merangsang, seperti ada rasa pedas atau asam. Karena dapat mengganggu kesehatan lambung dan organ-organ pencernaan.
  • Dikurangi penggunaan garam, tidak lebih dari 4 gram per harinya. Untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi (Hipertensi).
  • Jenis makanan berbahan santan, daging berlemak, dan minyak agak dikurangi, supaya kolesterol darah tidak tinggi.
  • Perbanyak jenis makanan yang kaya kandungan kalsium, seperti susu dan ikan. Supaya tidak mengalami keropos tulang.
  • Banyak mengkonsumsi makanan berserat, seperti sayur-sayuran, supaya pencernaan lancar dan tidak mengalami sembelit.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gula agak dikurangi, supaya kadar gula darah normal. Khusus apalagi bagi lansia yang memiliki penyakit kencing manis (diabetes), makanannya harus benar-benar terjaga.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan minyak dalam masakan tumis, dan usahakan untuk tidak memberikan makanan yang digoreng secara berlebihan.
  • Perbanyak makanan yang diolah dengan direbus atau dipanggang untuk memudahkan mencerna makanan tersebut.
  • Buat makanan yang lunak dan mudah untuk dikunyah, sehingga pencernaan mekanik di mulut lebih maksimal.

Dengan memperhatikan cara membuat makanan sehat untuk lansia, maka kita akan mempermudah para lansia mencerna makanan yang dikonsumsinya dan menjaga sistem pencernaannya supaya tetap sehat.

Itulah artikel mengenai membuat makanan sehat untuk lansia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca teras olahraga. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *