Multy Stage Fitnes Tes (Bleep Tes) Lari Multi Tahap Mengukur VO2max

Multy Stage Fitnes TES (Bleep Tes) Lari Multi Tahap

Tes Lari Multi Tahap atau biasa disebut juga dengan bleep tes bertujuan untuk mengukur kapasitas VO2max seseorang yang berkaitan dengan tingkat kebugaran jasmani. Dengan memiliki nilai vo2max yang tinggi maka tingkat kebugaran seseorang bisa dikategorikan bagus.

Tes ini merupakan tes fisik yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat kualitas fisik seorang atlet yang dalam performa pertandingannya sangat membutuhkan kinerja fisik yang sangat berat. Dengan melakukan tes fisik ini, maka seorang pelatih dapat mengetahui sejauh mana kualitas fisik atlet yang dibinanya.

Biasanya tes fisik dilakukan sebelum memulai sebuah program latihan. Hasil tes fisik tersebut bisa dijadikan dasar dalam menyusun program latihan bagi atletnya. Melalui tes fisik ini maka pelatih bisa tepat sasaran dalam memberikan menu latihan bagi anak didiknya.

Untuk melaksanakan tes fisik ini dibutuhkan prosedur pelaksanaan yang harus benar-benar dipahami oleh seorang pelatih. Seorang pelatih bukan hanya sebagai pengatur menu latihan saja, melainkan harus memahami bagaimana mengevaluasi kualitas fisik atletnya yang bisa dilakukan melalui tes fisik ini.

Prosedur Pelaksanaan Bleep Tes

Berikut ini adalah prosedur pelaksanaan bleep test

Alat yang dibutuhkan adalah :

  1. Sediakan MP3 atau Kaset Bleep Testnya. Bisa di download disini
  2. Lintasan Sepanjang 20 Meter
  3. Stopwatch
  4. Formulir Tes Lari Multi Tahap (Bleep Test)

Pelaksanaan Bleep Tes

  1. Testee (orang yang melakukan tes) yang melakukan test diharuskan berlari sepanjang 20 meter
  2. Testee (orang yang melakukan tes) mulai berlari mengikuti suara bunyi “tut” yang muncul dari audio yang sudah tersedia pada link download di atas.
  3. Testee (orang yang melakukan tes) dinyatakan berhenti mengikuti tes ketika gagal mengikuti suara bunyi tut sebanyak dua kali.
  4. Testee (orang yang melakukan tes) tidak diperkenankan berlari sebelum ada bunyi “tut” yang muncul dari audio.
  5. Jika Testee (orang yang melakukan tes) berlari tidak mengikuti irama “tut” pada audio, maka diberi peringatan. Jika terus berkelanjutan maka diberhentikan.
  6. Hasil yang dicatat oleh penghitung tes adalah level dan shuttle (balikan pada level yang sedang berjalan).
  7. Untuk mengetahui level yang sedang berjalan, penghitung harus benar-benar memperhatikan bunyi suara audio. Karena dalam audio tersebut akan muncul suara “Start Level One, One”. Artinya bahwa atlet mulai berlari pada level ke-1, shuttle (balikan) ke-1. Ketika Testee (orang yang melakukan tes) sudah sampai pada ujung jarak 20 meter, maka berhenti terlebih dahulu menunggu suara berikutnya yaitu “Level One, Two”. Kemudian Testee (orang yang melakukan tes) berlari kembali ke ujung penanda jarak 20 meter. Begitu seterusnya sampai Testee (orang yang melakukan tes) terlambat sampai sebanyak 2 kali pada ujung penanda 20 meter.

Untuk memudahkan dalam penghitungan hasil tes, bisa menggunakan aplikasi android Kalkulator Bleep test yang ada pada link di bawah ini. Atau bisa langsung download di playstore dengan mengetikan hicaltech87 di kolom pencarian aplikasi.

Aplikasi Bleep Test Kalkulator Untuk Android Bisa di download di link ini : DOWNLOAD

Aplikasi Bleep Test Disertai dengan tingkat kebugaran jasmaninya bisa di Download di link ini : DOWNLOAD

Pencatatan Level dan Shuttle (balikan)

Pada saat Testee (orang yang melakukan tes) melakukan tes, penghitungan jumlah level bisa dimonitor melalui format tes di bawah ini.

formulir tes Multy Stage Fitnes Tes (Bleep Tes) Lari Multi Tahap

Tabel Skor VO2Max Lari Multi Tahap (Bleep Tes)

tabel vo2max tes lari multi tahap bleep tes

Norma Klasifikasi Tingkat VO2Max

Di bawah ini adalah norma vo2max yang bisa dijadikan dasar dalam evaluasi hasil tes.

norma tes lari multi tahap bleep tes

Itulah artikel mengenai salah satu tes kebugaran yaitu multy stage fitnes tes (Bleep Tes) Lari multi tahap untuk mengukur vo2max. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di websit ini. Terima Kasih.

(Visited 145 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.