Nutrisi Penting Daging Merah untuk Kesehatan

Nutrisi Penting Daging Merah untuk Kesehatan. Daging merah disebut sebagai penyebab tingginya tingkat kandungan kolesterol dalam tubuh. Sehingga banyak orang yang sengaja menghindari dan tidak mau mengonsumsi daging merah, karena khawatir terkenda efek negatifnya.

Pada kenyataannya, daging merah memang dapat menimbulkan efek negatif, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun demikian, daging merah mampu menyuplai kebutuhan nutrisi agi tubuh, jika dimasak dengan benar dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat atau wajar dan tidak berlebihan.

Oleh karena itu, dalam hal mengonsumsi daging merah, kita jangan sampai anti dan tidak mau memakan daging merah sama sekali. Yang harus menjadi perhatian adalah membatasi jumlah konsumsi daging merah yang tidak berlebihan.

Nutrisi penting daging merah

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi penting daging merah, yang bisa membuat orang yang tidak suka dan bahkan sama sekali tidak mau mengonsumsi daging merah, berpikir kembali untuk menjadikan daging merah sebagai menu makannya.

nutrisi penting daging merah untuk kesehatanProtein

Daging memiliki kandungan protein, sehingga manfaat mengonsumsi daging adalah mendapat asupan protein. Dalam mengonsumsi daging merah atau daging putih, yang harus diperhatikan adalah memilih yang tanpa lemak. Jika tidak, kadar kolesterol darah kita akan meningkat, dikarenakan konsumsi lemak tersebut.

Energi

Jika kita sudah terbiasa makan daging dalam program diet harian kita, tidak seharusnya kita meninggalkan mengonsumsi daging merah. Jika kita mencoba meninggalkan konsumsi daging merah, bisa jadi program diet harian yang sudah dilakukan oleh kita akan kurang seimbang.

Daging adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Jika ditinggalkan, kita akan memiliki energi lebih sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Vitamin B12

Nutrisi ini, sebagian berasal dari hewan, salah satunya adalah daging merah. Untuk wanita yang sedang hamil, vitamin B sangat penting sekali. Kekurangan vitamin B bisa mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim ibu hamil tersebut.

Asam linoleat

Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa antikarsinogen atau pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mampu membantu mengobati kanker payudara.

Sistem imun

Mengonsumsi daging merah membantu sistem imun atau kekebalan tubuh. Karena daging merah mengandung mineral seng yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain membantu sistem imun, manfaat lain dari seng adalah memperlambat penuaan.

Kecerdasan

Daging merah mengandung lemak baik dan nutrisi yang membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan kita.

Asam lemak omega-3

Tidak hanya ikan salmon atau ikan berminyak sejenisnya yang mengandung asam lemak omega-3. Daging merah juga memiliki kandungan manfaat tersebut.

Betapa kayanya nutrisi yang terkandung dalam daging merah. Maka jangan sampai kita lewatkan mengonsumsi makanan daging merah ini. Tapi yang perlu diingat makanlah daging merah dengan jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan.

Itulah artikel mengenai nutrisi penting daging merah untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi tambahan pengetahuan. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *