Olahraga dan Kesehatan Mental

olahraga dan mental

Olahraga dan kesehatan mental. Artikel kali ini akan membahas mengenai kaitan olahraga dan kesehatan mental. Olahraga ternyata tidak hanya mampu menjaga kesehatan fisik manusia tapi juga kesehatan mental. Bahkan pada beberapa kasus, olahraga dapat menjadi obat depresi yang mujarab. Menurut Prof. Adrian Taylor dari University of Exeter, ini dikarenakan olahraga dapat menjadi sarana pengalih perhatian dari rasa cemas dan khawatir. Olahraga juga dapat memberikan rasa kontrol dan melepaskan hormon pemberi rasa tenang.

Saat berolahraga, jantung memompa lebih banyak darah sehingga oksigen tersebar ke seluruh bagian tubuh, peredaran darah pun menjadi lancar. Kondisi ini memungkinkan otak menerima oksigen yang cukup sehingga kinerjanya menjadi lebih baik. Para ahli sependapat bahwa performa otak yang baik dapat membuat reaksi fisik dan mental seseorang menjadi lebih baik. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa olahraga dan kesehatan mental memiliki korelasi untuk membuat hidup menjadi lebih baik.

Olahraga dan Kesehatan Mental

Olahraga dan kesehatan mental

Kinerja otak yang baik akan membantu meningkatkan daya ingatan kita. Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa membantu dalam pencegahan penurunan daya kerja otak pada wanita yang berusia lanjut.

Semakin lama waktu dan seringnya melakukan kegiatan berjalan kaki, maka ketajaman pikiran juga semakin membaik. Aktivitas yang dilakukan tidak harus menggunakan intensitas tinggi. Yang terpenting adalah denyut jantung tetap meningkat  dengan melakukan olahraga. Efek dari melakukan olahraga tersebut, oksigen cepat masuk ke otak sehingga mampu menajamkan ingatan kita.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di negara Amerika Serikat, Kanada, dan Perancis hasilnya menunjukkan bahwa pasien penyakit jantung yang berolahraga mengalami penurunan level depresi sebanyak 1,75 poin pada tiga bulan pertama latihan. Sementara pasien yang dirawat dengan obat-obatan tanpa latihan hanya mengalami penurunan sebanyak 1 poin. Oleh karena itu, betapa pentingnya olahraga untuk menjaga stabilitas kesehatan mental kita.

Lakukan olahraga di alam terbuka dengan banyak area hijau misalnya di taman atau hutan buatan untuk rekreasi. Sebuah studi yang dipublikasikan di American jurnal Environmental Science & Technology menyebutkan, berolahraga di area hijau selama lima menit dapat meningkatkan mood.

Dengan adanya beberapa penelitian yang sudah disebutkan, erat kaitannya olahraga dengan kesehatan mental. Orang yang rutin berolahraga, dapat membina kesehatan mentalnya menjadi lebih baik.

Lalu ajaklah orang terdekat kita untuk berolahraga bersama supaya tetap bisa berinteraksi dan merasa lebih bahagia. Ingatlah, membina kesehatan mental dalam jangka pendek dapat memberikan perlindungan kesehatan dalam jangka panjang.

Itulah artikel mengenai olahraga dan kesehatan mental. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya mengenai olahraga dan macam latihan di website ini. Terima Kasih.

(Visited 50 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.