Pengertian dan Bentuk Latihan Fleksibilitas

Pengertian dan Bentuk Latihan Fleksibilitas. Fleksibilitas atau kelentukan adalah kemampuan melakukan gerakan persendian seluas-luasnya dan keelastisan otot-otot disekitar persendian.

Latihan Fleksibilitas

Menurut Harsono (1988) yang dimaksud dengan kelentukan atau fleksibilitas adalah “kemampuan untuk melakukan gerak dalam ruang gerak sendi. Kecuali oleh ruang gerak sendi, kelentukan juga ditentukan oleh elastisitas otot-otot, tendon, dan ligamen.

Fleksibilitas sangat penting dalam hampir seluruh cabang olahraga. Terutama dalam cabang olahraga yang membutuhkan dan  menuntut gerakan persendian seperti senam, beberapa nomor atletik, dan hampir seluruh cabang olahraga permainan.

Untuk mengembangkan fleksibilitas dapat dilakukan melalui latihan-latihan peregangan otot dan memperluas ruang gerak sendi-sendi. Untuk itu dapat dilakukan dengan beberapa bentuk latihan peregangan, antara lain; peregangan statis, peregangan dinamis, peregangan pasif, dan peregangan kontraksi-rileksasi.

Latihan peregangan statis

latihan fleksibilitasYang dimaksud dengan peregangan statis adalah latihan-latihan peregangan yang mengambil sikap sedemikian rupa sehingga meregangkan kelompok otot tertentu, selanjutnya dipertahankan selama beberapa detik.

Latihan peregangan dinamis

peregangan dinamisPeregangan dinamis dilakukan dengan cara menggerak-gerekan anggota tubuh secara berirama dengan gerakan-gerakan memutar dan memperluas ruang sendi secara beraturan, dengan harapan dapat mengembangkan secara progresif ruang gerak sendi-sendi.

Latihan peregangan pasif

Peregangan pasif adalah bentuk latihan peregangan untuk memperluas ruang sendi dengan cara dibantu oleh orang lain.

Dalam melakukan latihan peregangan pasif, pelaku menekuk kelompok otot tertentu (persendian), kemudian dibantu temannya meregangkan otot tersebut secara perlahan-lahan sampai titik fleksibilitas maksimal dan dipertahankan beberapa detik misalnya 12 detik, selanjutnya dikembalikan secara perlahan pula.peregangan pasif

Latihan peregangan kontraksi-relaksasi

Peregangan kontraksi-relaksasi hampir sama dengan peregangan pasif. Dibantu oleh orang lain, tapi sebelum diregangkan, orang yang melakukan latihan peregangan menahan tekanan dari orang yang membantunya.

latihan peregangan kontraksi-relaksasi pnfSemakin bagus tingkat fleksibilitas seseorang, maka semakin efisien dan efektif dalam bergerak. Semua komponen gerak dalam kegiatan manusia sangat membutuhkan komponen kondisi fisik fleksibilitas ini. Maka tingkatkan level fleksibilitas kita dengan melakukan latihan fleksibilitas.

Itulah artikel mengenai pengertian dan bentuk latihan fleksibilitas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.

(Visited 917 times, 2 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.