Pengertian Kebugaran Jasmani Olahraga

Pengertian Kebugaran Jasmani dalam Olahraga. Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan berarti, dan siap kembali untuk melakukan kerja di esok harinya. Dari pengertian kebugaran jasmani tersebut, sudah terlihat bahwa kebugaran jasmani merupakan mampunya tubuh menyelesaikan aktivitas sehari-hari kita.

3 Indikator Kebugaran dari Pengertian Kebugaran Jasmani

Dari pengertian kebugaran jasmani, terdapat 3 macam indikator seseorang memiliki kebugaran jasmani. Dengan indikator tersebut kita bisa mengetahui apakah kita memiliki kebugaran jasmani atau tidak. Berikut ini 3 indikator kebugaran jasmani :

  1. Kemampuan tubuh unutk melakukan aktivitas dalam waktu lama
  2. Tidak mengalami kelelahan berarti atau hebat, yang membuat tidak bisa beraktivitas lagi
  3. Proses recovery atau pemulihannya cepat, sehingga siap kembali bekerja esok harinya.

pengertian kebugaran jasmani3 indikator tersebut merupakan penentu seseorang memiliki kebugaran jasmani. Dengan konsep kebugaran jasmani yang sudah dibahas di atas, maka kita harus meningkatkan level kebugaran jasmani yang sudah kita miliki. Dengan meningkatnya kebugaran jasmani kit maka, akan semakin lama kita bekerja dan akan semakin produktif lagi dalam pekerjaan kita.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani Tubuh Kita?

Melalui konsep dari pengertian kebugaran jasmani, kita bisa mengetahui cara meningkatkan kebugaran jasmani tubuh kita sendiri. Meningkatkan kebugaran jasmani, bisa dilakukan dengan cara melakukan olahraga secara teratur atau melakukan latihan fisik. Konsep olahraga yang benar mengharuskan kita mematuhi aturan yang sudah berlaku dalam keilmuan olahraga.

Untuk meningkatkan kebugaran jasmani sudah saya posting sebelumnya, yang bisa dilihat di link ini : Cara meningkatkan kebugaran jasmani.

Manfaat Kebugaran Jasmani dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kebugaran jasmani bisa menunjang terhadap kehidupan kita sehari-hari. Baik itu untuk bekerja, rekreasi, bermain dengan anak, melakukan pekerjaan rumah, dan segala macam hal yang sudah terbiasa dilakukan oleh kita dalam kegiatan harian. Dengan memiliki kebugaran jasmani yang mantap, maka semua aktivitas mulai dari kita bangun tidur sampai pada waktu tidur bisa dikerjakan dengan maksimal.

Tingkat kebugaran jasmani seseorang berbeda-beda, ditentukan oleh berbagai macam faktor yang mendukung terhadap kebugaran jasmani kita. Faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani diantaranya adalah herediti (keturunan), pola hidup termasuk pola aktivitas, istirahat dan makan, pola olahraga atau latihan.

Dengan berolahraga secara teratur maka kita akan mendapatkan peningkatan kebugaran jasmani, sehingga derajat hidup sehat kita bisa meningkat dan bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menjadi tuntutan kebutuhan hidup dengan maksimal.

Yang menjadi pertanyaan mungkin berapa kali sebenarnya kita dianjurkan berolahraga dalam waktu 1 minggu. Silahkan dibaca di link ini : Frekuensi olahraga kesehatan dalam waktu 1 minggu.

Itulah artikel mengenai pengertian kebugaran jasmani. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *