Pengertian Kecepatan dalam Olahraga

Pengertian Kecepatan (speed) dalam Olahraga. Yang dimaksud dengan kecepatan dalam  olahraga adalah sebagai gerak laju yang dihasilkan oleh kontraksi  otot.

Beberapa Pengertian Kecepatan dalam Olahraga

Menurut Gallahue (1982: 282), “Speed is the ability to  cover a short distance in as short a period of time as  possible. Speed is influenced by reaction time”. Jadi kecepatan adalah kemampuan untuk menempuh jarak tertentu dalam waktu yang  sangat cepat/pendek, dan kecepatan dipengaruhi oleh waktu reaksi. Waktu reaksi adalah waktu yang dibutuhkan antara mulai adanya rangsang sampai terjadinya gerakan.

pengertian kecepatan dalam olahragaMenurut Harsono (1988), kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berturut-turut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Komponen Fisik Penentu Kualitas Kecepatan

Komponen kecepatan bergantung kepada beberapa komponen lain yang mempengaruhinya, yaitu; kekuatan, fleksibilitas, dan waktu reaksi. Menururt Harsono (1988), “Jadi kalau berlatih untuk mengembangkan kecepatan, atlet harus pula dilatih kekuatan, fleksibilitas, dan kecepatan reaksinya, dan tidak hanya semata-mata berlatih kecepatan saja.”

Bentuk Latihan Kecepatan

Contoh konsep kecepatan dalam olahraga seperti pada permainan bulutangkis. Kecepatan gerak sangat dibutuhkan, mulai dari datangnya shuttle cock ke arah tertentu. Kemudian pemain bergerak dengan cepat untuk menguasai shutle cock dan berusaha mengembalikannya ke lapangan lawan ke tempat yang sulit dijangkau lawan.

Latihan untuk kecepatan gerak dalam olahraga bulutangkis salah satunya adalah dengan cara melakukan gerakan secepat-cepatnya. Contohnya memukul shuttle cock yang berulang-ulang dengan waktu yang cepat atau dengan berlari secepat-cepatnya dalam jarak yang pendek. Dapat pula dengan latihan beban yang dilakukan dengan cepat.

Dengan penjelasan pengertian kecepatan dalam olahraga, kita bisa menerapkan jenis latihan kecepatan yang sesuai dengan karakteristik cabang olahraga yang sedang kita tekuni. Memahami sebuah konsep bermula dari pengertiannya, sehingga bentuk latihan kecepatan yang diberikan akan tepat sasaran.

Banyak dari pembaca, yang memiliki profesi sebagai pelatih, guru penjas atau instruktur olahraga. Penerapan konsep kecepatan harus benar-benar diperhatikan jangan sampai bentuk latihan yang harusnya untuk cabang olahraga lain diberikan pada cabang olahraga yang kita tekuni, tanpa menyaring terlebih dahulu kebermanfaatannya.

Itulah artikel mengenai pengertian kecepatan dalam olahraga. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Selain itu, bisa menambah pengetahuan kita dalam konsep komponen kondisi fisik yang menunjang penampilan atlet yang sedang dibina. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *