Pengertian Kelincahan dalam Olahraga

Pengertian Kelincahan dalam Olahraga. Salah satu komponen kondisi fisik yang penting dalam olahraga adalah komponen kelincahan. Kelincahan sangat diperlukan hampir pada semua cabang olahraga permainan.

Yang dimaksud dengan kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan perubahan arah secepat-cepatnya dalam keadaan bergerak, tanpa kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan posisi tubuhnya.

Beberapa Pengertian Kelincahan dalam Olahraga

Oxendine (1968) menjelaskan bahwa “agility is speed in changing body position or direction“.

Pete dan kawan-kawan (Harsono:1988), menjelaskan bahwa “agility is the ability to change direction quickly and accurately while in movement without losing balance“.

Sedangkan Wilmore (Harsono:1988) mengatakan bahwa agilitas adalah, ” …… the ability to change directions rapidly while maintaining total body balance and awareness of body position“.pengertian kelincahan dalam olahragaDari beberapa pengertian kelincahan yang sudah dikemukakan maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah atau posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada saat bergerak ke arah berlawanan, tanpa kehilangan keseimbangan tubuh.

Contoh Kelincahan dalam Cabang Olahraga

Dalam permainan bulutangkis perubahan arah gerakan atlet tidak mudah diduga, karena tergantung shuttle cock yang datang dari pemain lawan. Jadi gerakan atlet tergantung kepada kecepatan dan arah datangnya shuttle cock dari pihak lawan ke lapangan sendiri.

Dengan demikian atlet bulutangkis dituntut memiliki kelincahan atau agilitas yang tinggi. Karena dibutuhkan untuk menguasai shuttlecock dan dapat dikembalikan kelapangan lawan ke area yang sulit untuk dijangkau lawannya.

Dengan memiliki kelincahan maka seorang pemain bulutangkis dapat dengan mudah bergerak ke berbagai arah pada saat pertandingan. Sehingga akan mudah sekali dalam melakukan pengembalian shuttlecock dan pada saat melakukan pukulan smash.

Bentuk Latihan Kelincahan dalam Olahraga

Bentuk latihan yang dapat meningkatkan komponen kondisi fisik kelincahan atau agilitas banyak sekali. Diantaranya ada beberapa latihan berikut ini yang dapat dilakukan seperti ; berlari bolak-balik secepat-cepatnya (shuttle run), atau lari bolak-belok (zig-zag run), envelop run, boomerang run, hexagonal training, dan bentuk latihan kelincahan lain yang diambil dari karakteristik bertanding tiap cabang olahraga.

Baca juga => Melatih Kelincahan di Pasir Pantai

Itulah artikel mengenai pengertian kelincahan dalam olahraga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Selain itu bisa menambah pengetahuan mengenai konsep pengertian, salah satu komponen kondisi fisik yaitu kelincahan. Terima Kasih.

(Visited 92 times, 1 visits today)
Pengertian Kelincahan dalam Olahraga | Kang Ikal | 4.5