Pengertian Kesegaran Jasmani Sebagai Derajat Sehat Dinamis

Pengertian Kesegaran Jasmani Sebagai Derajat Sehat Dinamis. Kesegaran jasmani (Physical Fitness) sebagai derajat sehat dinamis adalah suatu kondisi jasmani seseorang yang erat kaitannya dengan kemampuan dan kesanggupan seseorang untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam pekerjaan sehari hari secara optimal dan efisien (Depdiknas, 1999). Dengan demikian disadari atau tidak, sebenarnya kesegaran jasmani merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia, karena kesegaran jasmani bersenyawa dengan hidup manusia.

Kesegaran jasmani diperlukan oleh semua lapisan masyarakat, mulai anak –anak sampai orang dewasa. Kesegaran jasmani harus di pelihara dan dipertahankan. Ada beberapa alasan kenapa kesegaran jasmani (physical fitness) dibutuhkan manusia dalam kehidupannya antara lain (Nieman BC, 1993) yaitu:

  1. Untuk membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan aktivitas rendah atau hypokinetic disease (penyakit jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, obesitas, dan lain-lain)
  2. Untuk menjadikan kapasitas mental yang terbaik
  3. Merasa sehat, energik dan ringan.

Dengan demikian, berfungsi dengan baiknya jantung dan paru-paru, respon yang baik, kekuatan otot, energi dan stamina yang prima adalah gambaran umum dari kesegaran jasmani (Encarta, 2000). Keadaan demikian dapat diukur dengan cara tes berkala terhadap kekuatan, daya tahan, ketangkasan, koordinasi dan fleksibilitas.

Pengertian Kesegaran Jasmani

Kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas atau pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, sehingga tubuh masih memiliki simpanan tenaga untuk mengatasi beban kerja tambahan. Menurut President’s Council on Physical Fitness and Sports, (Nieman DC, 1993; Primana DA, 1999), definisi kesegaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh vitalitas dan kewaspadaan tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih cukup energi untuk bersantai pada waktu luang dan menghadapi hal-hal yang sifatnya darurat (emergensi).

Baca Juga => Bakar Lemak dengan Latihan Senam Body Language

Merupakan suatu keharusan bagi setiap individu untuk selalu memiliki tingkat kesegaran jasmani yang baik, kalau tidak dalam mengikuti pekerjaan atau aktivitas sehari-hari akan terganggu. Jangankan produktivitas yang baik dapat dicapai, mungkin malah gangguan kesehatan yang diperoleh. Oleh karena itu kondisi kesegaran jasmani harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan.

Komponen Kesegaran Jasmani Yang Terkandung dalam Pengertian Kesegaran Jasmani

Untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani tersebut harus diperiksa melalui tes uji kesegaran jasmani yang relevan. Untuk itu kesehatan fisik harus baik dan komponen-komponen kesegaran jasmani juga harus baik. Adapun komponen-komponen kesegaran jasmani meliputi dua aspek yaitu:

  1. Komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan (health related fitness) dan
  2. Komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan (skill related fitness).

Komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan dibutuhkan dan perlu dicapai oleh semua orang, tidak pandang umur, jenis kelamin, suku, pekerjaan dan status sosial ekonomi (Giam CK dan Teh KC, 1992). Yang termasuk komponen ‘health related fitness’ terdiri dari daya tahan jantung-paru (kardiorespirasi), kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas, dan komposisi tubuh. Sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan meliputi; koordinasi, keseimbangan, kecepatan, power dan kecepatan-waktu reaksi (Giam CK dan Teh KC, 1992; Nieman DC, 1993; Kent, 1994).

Untuk lebih jelas dalam memahami komponen-komponen kesegaran jasmani (physical fitness) dapat kita pada tabel di bawah ini:

Pengertian kesegaran jasmaniDengan memahami pengertian kesegaran jasmani, maka kita bisa mulai meningkatkan tingkat kesegaran jasmani kita. Minimal untuk menunjang aktivitas harian kita dalam mencari nafkah untuk keluarga. Dengan memiliki kesegaran jasmani yang bagus maka tingkat produktivitas kerja kita bisa meningkat.

Baca Juga => Pentingnya Kesegaran Jasmani Terhadap Produktivitas Kerja

Itulah artikel mengenai pengertian kesegaran jasmani sebagai derajat sehat dinamis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 43 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.