Pengertian Keseimbangan dalam Olahraga

Pengertian Keseimbangan (Balance) dalam Olahraga. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kelincahan adalah keseimbangan.

Beberapa Pengertian Keseimbangan

Yang dimaksud dengan keseimbangan menurut Barrow dan McGee (Harsono:1988), adalah kemampuan untuk mempertahankan sistem neuromuscular kita dalam kondisi statis, atau mengontrol sistem neuromuscular tersebut dalam suatu posisi atau sikap yang efisien selagi kita bergerak.

Sedangkan menururt Oxendine (Harsono:1988), Balance adalah “Easy in maintaining and controlling body position”. Atau mudahnya orang untuk mengontrol dan mempertahankan posisi tubuh.

Selanjutnya menurut Bucher (Harsono:1988), keseimbangan adalah “…the ability of the individual to control organic equipment neuromuscularly“.

pengertian keseimbangan dalam olahragaKeseimbangan dalam Olahraga

Dalam kegiatan olahraga terdapat dua macam keseimbangan, yaitu keseimbangan statis dan kesimbangan dinamis. Kedua bentuk keseimbangan ini seringkali sangat dibutuhkan dalam olahraga.

Untuk mengembangkan dan meningkatkan kelincahan atlet, salah satunya harus mengembangkan terlebih dahulu adanya keseimbangan tubuh, terutama keseimbangan dinamis. Keseimbangan dinamis yang baik akan dapat menghindarkan seseorang dari jatuh, apabila pola gerakan berubah secara tidak terduga.

Kemampuan keseimbangan sangat penting dan dominan pada cabang olahraga yang banyak mengubah arah. Keseimbangan bisa ditingkatkan melalui proses latihan yang tepat dan mengacu pada pengertian keseimbangan menurut para ahli olahraga.

Latihan Keseimbangan yang Dialami Pada Masa Kecil

Kita coba flashback kembali ke masa kecil. Mungkin dari para pembaca ada yang sering bermain aktiv pada masa kecilnya. Baik itu main layangan, engklek dan permainan tradisional lain yang memiliki ciri khas gerak harus mempertahankan keseimbangan.

Modal dasar pengalaman gerak dari permainan yang telah kita mainkan dulu, akan bermanfaat ketika kita sudah mulai menginjak remaja dan fokus dalam satu cabang olahraga.

Seperti main layangan, kemudian mengejar layangan yang putus melalui jalan setapak dipinggir sawah. Aktivitas tersebut merupakan salah satu bentuk pengalaman gerak keseimbangan yang tidak terasa oleh anak kecil. Bermain engklek juga sama, berdiri dengan satu kaki kemudian melompat dari satu kotak ke kotak yang lain. Permainan tersebut memang tidak terasa sudah melatih komponen keseimbangan kita.

Itulah artikel mengenai pengertian keseimbangan dalam olahraga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi tambahan pengetahuan mengenai salah satu komponen kebugaran yaitu keseimbangan. Terima Kasih.

(Visited 668 times, 3 visits today)
Pengertian Keseimbangan dalam Olahraga | Kang Ikal | 4.5