Pengertian Koordinasi dalam Olahraga

Pengertian Koordinasi dalam Olahraga. Koordinasi adalah suatu kemampuan biomotorik yang sangat kompleks.

Koordinasi erat kaitannya dengan kecepatan, kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas persendian, serta merupakan komponen yang sangat penting untuk mempelajari dan mengembangkan teknik dan taktik.

Barror (1979) bahkan menambahkan bahwa koordinasi berhubungan juga dengan kelincahan (agilitas) dan keseimbangan.

Konsep Pengertian Koordinasi

Yang dimaksud dengan koordinasi adalah kemampuan untuk memadukan berbagai macam gerakan ke dalam satu atau lebih pola gerak khusus (Barror:1979).

pengertian koordinasi dalam olahragaKoordinasi penting dalam menghadapi situasi dan lingkunagn yang asing, misalnya lapangan baru, adanya perubahan lapangan pertandingan yang mendadak, peralatan, cuaca, lampu dan sebagainya. Koordinasi dapat membantu dalam upaya penyesuaian yang cepat dengan situasi dan kondisi yang baru.

Baik tidaknya koordinasi gerak seseorang dapat tercermin dari kemampuannya untuk melakukan suatu gerakan secara mulus, tepat, dan efisien. Atlet yang memiliki koordinasi yang baik bukan hanya mampu melakukan suatu keterampilan secara sempurna, tetapi juga mudah dan cepat dapat melakukan keterampilan yang bau. Sehingga gerakannya menjadi efisien.

Latihan Koordinasi

Bentuk latihan koordinasi diantaranya adalah latihan melakukan berbagai variasi gerak dan keterampilan. Atlet pada cabanga olahraga tertentu sebaiknya dilibatkan dalam keterampilan cabang olahraga lainnya. Hal ini akan meningkatkan kemampuan koordinasi gerak secara umum.

Koordinasi dalam olahraga erat kaitannya dengan sistem saraf manusia. Kemampuan seseorang untuk merangkai berbagai macam gerakan, merupakan performa yang sudah terkonsep dalam sistem sarafnya.

Untuk mendapatkan kemampuan koordinasi yang baik, seorang atlet harus memiliki berbagai macam pengalaman gerak. Bukan hanya terpaku pada pola gerak cabang olahraga yang ditekuninya saja. Seperti halnya, seorang pemain sepakbola. Jika dulunya memiliki pengalaman gerak memainkan permainan bola voli, maka dia akan melakukan gerakan menyundul bola dengan pola loncatan bola voli.

Kemampuan koordinasi akan terlihat dari harmonisasi dan keindahan gerak yang ditampilkan. Ketika gerakannya sudah harmonis dan indah dipandang mata, maka dia sudah memiliki yang namanya koordinasi.

Dibutuhkan kemampuan sistem saraf terutama otak yang cerdas untuk menampilkan koordinasi gerak yang bagus. Selain harmonis dan indah gerakannya, energi yang dikeluarkan akan semakin efisien dan efektif.

Itulah artikel mengenai pengertian koordinasi dalam olahraga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.

(Visited 1.383 times, 2 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.