Pengertian Power dalam Olahraga

Pengertian Power dalam Olahraga. Power merupakan kombinasi dari hasil kekuatan dan kecepatan otot untuk melakukan kontraksi secara eksplosif dalam waktu singkat. Jika dua orang atlet dapat mengangkat barbels seberat 50 kg, akan tetapi yang seorang dapat mengangkat lebih cepat dari yang lain maka dia dikatakan memiliki power yang lebih baik daripada orang yang mengangkatnya lambat.

Pengertian Power dalam Olahraga

Power adalah kemampuan otot untuk mengerajkan kekuatan maksimal dalam waktu yang sangat cepat. Dengan demikian oleh karena power merupakan kombinasi dari hasil kekuatan dan kecepatan maka untuk mengembangkan power, atlet harus mengembangkan kekuatan dan kecepatannya.

pengertian power dalam olahragaPenerapan Konsep Power dalam Olahraga

Contoh penerapan konsep power dalam olahraga adalah ketika atlet bulutangkis tidak memiliki smash yang baik dari segi kekuatan dan kecepatan pukulan, maka kemungkinannya adalah dia tidak memiliki power yang sempurna. Untuk meningkatkan power lengan pemain bulutangkis dapat dikembangkan melalui penambahan latihan kekuatan dan kecepatan otot lengan.

Bentuk Latihan Power yang Bisa Digunakan

Beberapa bentuk latihan untuk mengembangkan power diantaranya adalah dengan melakukan latihan beban/barbels (12 – 16 RM), atau latihan kekuatan (8 – 12 RM) dan dilanjutkan dengan latihan kecepatan.

Dapat pula melakukan latihan pliometrik. Konsep latihan pliometrik untuk meningkatkan power adalah latihan yang dilakukan dengan cara meregangkan (memanjangkan) otot tertentu sebelum mengkontraksikannya (memendekan) secara eksplosif.

Jika ingin meningkatkan power pada kelompok otot tertentu kita harus meregangkan kelompok otot tersebut kemudian secara eksplosif segera memendekan otot tersebut.

Program latihan pliometrik biasanya lebih efektif bila dibandingkan dengan latihan squats atau squatjump dalam hal mengembangkan daya ledak otot tungkai. Namun latihan ini harus dilakukan dengan hati-hati, sebab jika ototnya belum kuat akan mudah terkena cedera.

Sebagai patokan saja apabila akan melakukan latihan pliometrik pada tungkai, maka kekuatan otot tungkai harus mampu mengangkat 1 1/2 berat badan.

Beberapa bentuk latihan pliometrik khusus untuk tungkai adalah sebagai berikut :

a. Lompat kodok (frog leap); dari sikap jongkok menolak dengan kedua kaki ke atas dan depan sejauh-jauhnya.

loncat katakb. Jingkat; berjingkat-jingkat pada satu kaki dengan menekankan pada tinggi dan jauhnya lompatan.

latihan jingkatc. Hop; memantul-mantul sejauh mungkin dengan kedua kaki bergantian.

leg hop jumpd. Lompat dari ketinggian (Depth jump); lompat dari atas bangku atau meja dan mendarat dilantai dengan tungkai dibengkokan (mengeper).

depth jumpItulah artikel mengenai pengertian power dalam olahraga, disertai dengan beberapa bentuk latihan power yang dapat dipraktekkan oleh para pembaca di rumah atau di tempat gym masing-masing. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *