Penjelasan Lengkap Permainan Sepak Bola

Penjelasan Lengkap Permainan Sepak Bola. Siapa sih yang tidak tahu tentang olahraga yang satu ini, yaitu permainan sepak bola yang sudah mendarah daging di hampir semua lapisan masyarakat. Kita sudah tahu apa yang dimaksud permainan sepak bola, melalui apa yang kita lihat, dengar dan alami. Supaya lebih jelas sesuai dengan teori yang dikemukakan para ahli mengenai permainan sepak bola, kita simak beberapa penjelasan mengenais sepak bola.

Apa itu Permainan Sepak Bola?

Sepak bola merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh 2 regu yang berlawanan dan beranggotakan 11 pemain, termasuk 1 orang penjaga gawang. Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya kegawang lawan dengan menggunakan bola dan melindungi gawang sendiri dari ancaman lawan. Permainan sepak bola hampir keseluruhanya menggunakan kemahiran kaki, kecuali seorang penjaga gawang yang bebas menggunakan bagian tubuh manapun (A. Erlina listiani, 2012: 344).

Sepak bola menurut (Sucipto, 2000: 7) merupakan permainan beregu dimana masing-masing regu terdiri atas sebelas pemain, yang salah satunya adalah penjaga gawang. Permainan ini hampir seluruhnya dimainkan dengan menggunakan tungkai, kecuali penjaga gawang yang juga diperbolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan dari permainan itu sendiri adalah pemain berusaha memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawannya dan bersaha menjaga gawangnya sendiri agar tidak dimasuki bola. Suatu regu dinyatakan menang apabila regu tersebut dapat memasukkan bola terbanyak ke gawang lawan, dan apabila sama maka permainan dinyatakan seri atau draw.

Pendapat lain dari Soedjono (1979:103) mengenai sepak bola adalah permainan beregu yang dimainkan masing-masing oleh 11 orang termasuk penjaga gawang. Sepak bola hampir seluruhnya menggunakan kemahiran kaki, kecuali penjaga gawang yang bebas menggunakan anggota tubuh manapun. Tujuan dari permainan ini adalah memasukan bola kegawang lawan sebanyak mungkin dengan pengertian pula berusaha sekuat tenaga agar gawangnya terhindar dari kebobolan penyerang lawan.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Olahraga sepakbola banyak sekali teknik yang digunakan untuk bermain, yang merupakan kunci sukses dalam bermain sepakbola. Pemain harus bisa menguasai terlebih dahulu teknik dasar-dasar dalam sepakbola misalnya: dribbling (menggiring), passing (mengoper), trapping (mengontrol bola), shooting (menembak), menyundul (heading) dll.

Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepakbola yang standar yaitu panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter, pada kedua sisi pendek terdapat gawang sebesar 7,3 X 2,4 meter.

penjelasan lengkap permainan sepak bola

Sekilas Sejarah Sepak Bola

Menurut Depdiknas (2000:1). Permainan Sepak bola tergolong kegiatan olahraga yang sebetulnya sudah tua usianya, walaupun masih dalam bentuk yang sederhana. Akan tetapi, sepak bola sudah dimainkan ribuan tahun yang lalu. Sampai saat ini belum ada kesatuan pendapat dari mana dan siapa pencipta permainan sepak bola itu.

Jika kita membaca literatur tentang sejarah sepak bola. Kita akan mendapatkan kesan bahwa asal usul sepak bola itu diwarnai oleh interpretasi penulis sejarah atau pengarang literaturnya. Sepak bola merupakan permainan beregu, masng-masing regu terdiri dari sebelas pemain, dan salah satunya penjaga gawang.

Permainan ini hampir seluruhnya dimainkan dengan menggunakan tungkai, kecuali penjaga gawang yang di bolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumanya.

Dalam perkembanganya permainan ini dapat dimainkan diluar lapangan (out door) dan di dalam lapangan (in door) (Depdiknas, 2000:7).

Itulah artikel mengenai penjelasan lengkap permainan sepak bola. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.

(Visited 22 times, 1 visits today)
Penjelasan Lengkap Permainan Sepak Bola | Kang Ikal | 4.5