Pentingnya Minum Air Putih Ketika Bermain Sepakbola

Pentingnya Minum Air Putih Ketika Bermain Sepakbola. Cairan tubuh merupakan faktor penting dalam hidup berupa larutan yang terdiri air dan zat tertentu. Air merupakan bagian terbesar dalam kehidupan makhluk hidup hewan, tumbuhan dan manusia. Fungsi air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup selain udara, tidak ada makhluk hidup yang hidup tidak membutuhkan air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air.

Bicara tentang sepakbola olahraga ini sangat menguras tenaga dan dapat menyebabkan penggantian cairan tubuh dan mengeluarkan keringat banyak maka dari itu kita perlu minum air putih.

Pentingnya Minum Air Putih Ketika Bermain Sepakbola Sebagai Cara Melakukan Hidrasi

Ketika anda setelah bermain sepakbola pastinya anda akan merasakan keluar keringat sangat banyak dan ingin meneguk cairan yang banyak, namun kebanyakan orang malah memilih minum minuman berenergi. Menurut artikel-artikel yang saya pernah baca bahwa meminum minumman minuman berenergi setelah berolahraga itu tidak bagus untuk kesehatan.

Menurut saya daripada anda lebih memilih minuman berenergi setelah melakukan bermain sepakbola,lebih baik anda memilih air putih saja untuk minuman utama anda sebagai penghilang rasa haus dan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika bermain sepakbola.

Baca juga => Penyebab dan Cara Mengatasi Kekurangan Cairan Tubuh (Dehidrasi)

1. Minum air putih sebelum bermain sepakbola

Begitu pula ada baiknya sebelum bermain sepakbola anda minum air putih terlebih dahulu,mengapa? jika anda memulai bermain sepakbola, minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi akan lebih baik.

Minum air putih paling tidak 1 atau 2 gelas, satu atau setengah jam sebelum bermain sepakbola, ini akan memberikan energi pada tubuh dan membuat anda siap bermain sepakbola. Namun perlu diingat untuk tidak minum air tepat sebelum anda melakukan bermain sepakbola. Ini akan membuat tubuh terutama perut, terasa penuh dan kram ketika bermain sepakbola.Pentingnya minum air putih ketika bermain sepakbolaMinum air putih juga tidak ada masalah ketika bermain sepakbola sedang berlangsung, namun jangan disekaliguskan cara minumnya. Anda hanya cukup minum air putih 2 sampai 3 teguk saja setelah 10 menit anda bisa meminum air putih 2 sampai 3 teguk lagi bila diperlukan oleh anda.

2. Minum air putih saat ditengah bermain sepakbola

Di dalam sepakbola pasti ada istirahat ditengah babak pertama dan biasanya disaat itulah anda mengambil botol minuman dan meneguk airnya. Jika pertandingan babak kedua akan dimulai sebaiknya anda rilekskan dulu badan anda dan minum air putih dalam beberapa tegukan asalkan secukupnya saja. Hal ini, sangat diperlukan karena bermain sepakbola merupakan olahraga yang sangat berat karena bermain sepakbola dapat mengeluarkan keringat yang sangat banyak.

3. Minum air putih setelah bermain sepakbola

Untuk bermain sepakbola, biasanya anda sangat kelelahan setelah bermain sepakbola. Sambil meregangkan otot, Anda bisa minum air putih agar mengembalikan energy anda yang terkuras setelah bermain sepakbola. Hal ini sangat baik sekali, bukan hanya untuk menurunkan suhu badan, namun juga bisa mencegah kram otot.

Namun ada juga beberapa orang yang terbiasa dengan tidak minum setelah bermain sepakbola, jika anda termasuk tipe orang seperti itu, efeknya akan sangat buruk saat bermain sepakbola. Tubuh yang dehidrasi akan mudah sekali terkena pusing, kurang fokus, lemas, kelelahan dan kram ototpun akan terjadi.

Jadi biasakan sebelum bermain, pada saat bermain dan sesudah bermain sepakbola minum air putih satu jam sebelum bermain sepakbola karena dengan ini akan menghindari dehidrasi, membantu memperlancar membakar kalori dengan baik dan akan tetap segar.

Manfaat pentingnya minum air putih ketika bermain sepakbola bagi pemain sepakbola

– Mencegah dehidrasi

Cairan tubuh yang keluar saat bermain sepakbola pastinya akan membuat tubuh menjadi dehidrasi,untuk mencegah dehidrasi ada baiknya anda langsung minum air putih baik sebelum bermain sepakbola, pada saat bermain sepakbola dan sesudah bermain sepakbola.

– Mengontrol suhu tubuh

Pada saat bermain sepakbola maka metabolism tubuh akan meningkat begitupula dengan suhu tubuh juga akan ikut meningkat. Untuk mengontrol suhu tubuh saat bermain sepakbola sebaiknya anda minum air putih karena air putih dapat mengatur suhu tubuh anda.

– Pengganti keringat

Ketika bermain sepakbola pasti tubuh anda akan mengeluarkan keringat banyak sebab olahraga bermain sepakbola termasuk olahraga berat. Untuk menggantikan keringat yang keluar banyak sebaiknya anda minum air putih yang banyak.

– Menyegarkan tubuh

Minum air putih setelelah bermain sepakbola juga bisa menyegarkan tubuh. Sebab biasanya bermain sepakbola membuat tubuh terasa letih, lemas dan butuh energi.

– Menyimpan Kalori

Kalori yang sudah terbakar akan kembali lagi jika anda mengonsumsi minuman berenergi jadi usaha kamu sia sia dalam membakar kalori dalam tubuh terbuang sia-sia. Hal ini tidak akan terjadi bila anda setelah bermain sepakbola mengonsumsi air putih saja.

Cukup sekian artikel Pentingnya Minum Air Putih Ketika Bermain Sepakbola. Mohon maaf bila banyak kekurangan dan kesalahan.

Kontributor: Deris Farhan Rizqulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *