Pola Hidup Sehat dengan Aktivitas Fisik

Pola Hidup Sehat dengan Aktivitas Fisik. Hidup sehat selalu berhubungan dengan faktor makanan dan aktivitas fisik seseorang. Orang sering memandang hidup sehat dan kebiasaan yang terkait sebagai siksaan terhadap tubuh.

Mereka tidak rela melepaskan kebiasaan-kebiasaan yang memperkecil pengeluaran energi, ataupun melepaskan kebiasaan makan makanan yang berlemak, dan tidak bisa menghentikan kecanduan pada rokok, obat-obatan dan alkohol. Pola hidup tidak sehat seperti itu akan merusak sistem organ tubuh, jika tidak diimbangi dengan melakukan aktivitas fisik.

Seluruh sistem organ tubuh bekerja secara terintegrasi satu sama lain untuk menentukan penampilan seseorang dalam melakukan aktivitas fisik. Apabila salah satu dari sistem tersebut tidak berfungsi atau tidak mampu menjalankan fungsinya dengan normal, maka akan berpengaruh terhadap sistem yang lainnya (Triangto, 2005).

Manfaat Pola Hidup Sehat dengan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan memang bersumber dari pola hidup sehat, namun akibat kemajuan ilmu dan teknologi dewasa ini memberikan kemudahan dalam aktivitas hidup manusia.

pola hidup sehat dengan aktivitas fisikMisalnya, dengan tersedianya transportasi yang memadai mengakibatkan orang memilih naik kendaraan daripada berjalan kaki, walaupun pada jarak yang tidak terlalu jauh. Keadaan kurang bergerak ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan mudah lelah serta dapat menurunkan efisiensi dan produktivitas kerja (Irianto, 2004).

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat memperbaiki sistem dalam tubuh, seperti jantung, paru dan pembuluh darah. Dan menjadi pendukung untuk meningkatkan pola hidup sehat. Dengan melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat menurunkan tekanan darah dan dapat melancarkan aliran darah. Lebih khusus bagi penderita sumbatan aliran darah (Triangto, 2005).

Orang yang sering melakukan aktivitas fisik, berolahraga dan berlatih secara baik dan teratur. Maka akan memiliki kemampuan memompa darah semakin baik dan efisien. Hal tersebut yang menjadi faktor pendukung pola hidup sehat. Serta terjadi perubahan pada sistem pembuluh darah yaitu pelebaran pembuluh darah.

Efek yang didapat mengantarkan zat-zat gizi bagi otot yang melakukan aktivitas atau olahraga. Perubahan-perubahan ini sangat berguna bagi peningkatan daya tahan kardiovaskular. Karena akan memperlancar peredaran darah (Triangto, 2005).

Itulah artikel mengenai Pola Hidup Sehat dengan Aktivitas Fisik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima Kasih.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.