Program Latihan Fitnes dengan Latihan Beban untuk Meningkatkan Kebugaran

Program Latihan Fitnes dengan Latihan Beban untuk Meningkatkan Kebugaran. Salah satu jenis program latihan kebugaran dan populer yang terbukti efektif dalam membentuk otot-otot di tubuh dan memberikan struktur tubuh yang lebih padat dan terpahat dengan baik adalah program latihan beban atau biasa disebut juga dengan Weight Training. Ada berbagai macam program latihan beban yang dikembangkan dan dirancang oleh pelatih profesional kebugaran untuk memberikan latihan yang terencana dengan cara yang efektif dan hasil maksimal.

Jika Anda ingin mencoba program latihan. Anda bisa pergi ke gym untuk program khusus yang sesuai untuk tipe tubuh dan usia Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli kebugaran atau pelatih kebugaran untuk membantu mengembangkan program latihan beban secara khusus dapat dilakukan di rumah tanpa perlu membeli perlengkapan latihan mahal.

Program Latihan Fitnes dengan Latihan Beban untuk Meningkatkan Kebugaran

Peralatan sederhana seperti barbel dan dumbel cukup efektif untuk melakukan olahraga dengan baik dan efektif. Selain bisa disesuaikan jadwal waktunya latihan menggunakan barbel dan dumbel bisa dilakukan di rumah yang dapat menghemat banyak uang daripada membeli peralatan mahal, biaya keanggotaan gym, biaya pelatih dan biaya perjalanan ke tempat gym.

Program latihan beban sudah banyak diketahui memberi banyak manfaat bagi inpidu yang melakukan jenis latihan ini. Jenis latihan ini mencakup latihan-latihan yang ekstensif dan eksplosif sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar banyak lemak sehingga memperbaiki sistem kardiovaskular tubuh.

Melalui program latihan beban ini, masalah jantung dan penyakit bisa dicegah seperti serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Latihan tidak hanya mencakup pada memperkuat otot tubuh saja tetapi juga membantu mengembangkan postur tubuh dan keseimbangan tubuh sehingga mencegah masalah terkait tulang seperti osteoporosis.

Ada program latihan beban yang dirancang untuk memperbaiki bagian tubuh tertentu namun juga dapat digabungkan bersama untuk membentuk program latihan yang efektif dan efisien untuk mengembangkan keseluruhan tubuh.

Setiap orang memiliki struktur dan kebutuhan tubuh yang berbeda sehingga untuk memastikan keselamatan dan menghindari cedera, cara terbaik sebelum memilih program latihan beban yang sesuai dengan kondisi Anda adalah berkonsultasi dengan profesional kebugaran. Maksudnya adalah untuk membantu Anda merancang program latihan beban khusus yang sesuai dengan kapasitas tubuh Anda.

Contoh Program Latihan Fitnes dengan Latihan Beban untuk Meningkatkan Kebugaran

Berikut adalah contoh program latihan beban yang dirangkum dari berbagai sumber yang dapat dilakukan siapa saja di rumah dengan hanya menggunakan peralatan sederhana seperti dumbel.

Senin – Ditujukan untuk memperkuat dan memperbaiki otot dada dan area perut. Latihan beban (weight training) meliputi gerakan dumbbell bench press untuk dada dan sit-up untuk perut.

dumbbell bench press melatih otot dada

dumbbell bench press

Rabu – Fokus pada penguatan dan pengencangan otot bahu dan otot punggung. Pull-up dan one-arm dumbbell rows untuk otot punggung dan dumbbell lateral untuk membentuk otot bahu.

dumbbell lateral untuk melatih otot bahu

dumbbell lateral

Jumat – Ditujukan untuk memperbaiki dan menguatkan otot bisep dan trisep. Untuk biseps, Standing Dumbbell Curl dan Seated Dumbbell Curl. Untuk trisep, ekstensi trisep di atas.

Standing Dumbbell Curl melatih otot biceps

Standing Dumbbell Curl

Minggu – Ditujukan untuk mengembangkan dan menguatkan otot kaki seperti dengan melakukan latihan squat, foot presses dan dumbbell lunges.

Squat melatih otot tungkai

Squat

Itulah program latihan beban yang bisa Anda lakukan di rumah hanya dengan menggunakan beban berupa dumbbell atau barbel saja. Program latihan beban ini juga dirancang untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kebugaran tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai macam faktor resiko terkena penyakit yang bersumber dari hipokinetik (kurang bergerak).

Sekian artikel mengenai Program Latihan Fitnes dengan Latihan Beban untuk Meningkatkan Kebugaran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca teras olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel kebugaran lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 99 times, 1 visits today)
Program Latihan Fitnes dengan Latihan Beban untuk Meningkatkan Kebugaran | Kang Ikal | 4.5