Program Latihan Fitnes untuk Pemula

Program latihan fitnes untuk pemula. Kali ini akan membahas mengenai artikel fitnes ditujukan bagi para pembaca yang sedang memulai program latihan fitnes. Banyak sekali orang berlatih fitnes di gym untuk membentuk ototnya. Bagi kita yang pemula, untuk menentukan jadwal fitnes memang agak sedikit membingungkan. Mungkin muncul beberapa pertanyaan seperti berapa kali jadwal fitnes yang dianjurkan dalam seminggu?, Gerakan fitnes seperti apa yang dapat membentuk otot kita? Program latihan fitnes seperti apa yang dapat mempercepat pembentukan otot? dan lain sebagainya.

Program latihan fitnes untuk pemula yang mengacu pada kaidah olahraga

Jika kita melihat pada kaidah keolahragaan, maka jadwal latihan fitnes bisa kita lakukan minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan peningkatan massa otot. Beberapa ahli olahraga juga banyak yang berpendapat dan mendukung terhadap frekuensi 3 kali latihan fitnes. Pendapat tersebut bisa kita jadikan patokan sebagai program latihan fitnes kita.
Penjelasan mengenai jumlah minimal 3 kali latihan fitnes dalam seminggu bukan berarti kita melakukan latihan menjadi tiap hari. Ingat, bahwa tubuh kita butuh waktu istirahat yang memang ditujukan untuk memulihkan sel dan jaringan otot kita. Jangan karena ingin cepat mendapatkan hasil, sehingga kita lupa dengan kebutuhan waktu istirahat bagi tubuh.
Untuk pemula, lakukan latihan fitnes dengan diselingi satu hari waktu istirahat. Misalkan, hari Senin kita latihan fitnes, kemudian hari selasa kita harus berikan istirahat pada tubuh untuk melakukan pemulihan. Maksud istirahat disini, bukan berarti kita tidur seharian, tapi kita tetap beraktivitas seperti biasa dengan ditambah latihan peregangan atau biasa disebut latihan fleksibilitas.
Program Latihan Fitnes Untuk Pemula

Contoh Program Latihan Fitnes Untuk Pemula

Program latihan fitnes untuk pemula harus disesuaikan juga dengan tingkat kemampuan otot kita. Jangan terlalu memaksakan kehendak untuk mendapatkan hasil. Karena yang namanya latihan merupakan sebuah proses yang tidak singkat.

Berikut ini contoh program latihan fitnes yang bisa pembaca gunakan dalam program latihannya.

Program Latihan Fitness dalam 1 Minggu

Senin
=> Latihan Otot Bahu
Bentuk latihan bisa dilihat pada artikel:
Cara Latihan Otot Bahu dengan Latihan Beban
Cara Melatih Otot Bahu Menjadi Ideal
=> Latihan Otot Perut
6 Latihan Core Exercise untuk Melatih Otot Perut
Latihan Pilates
Bentuk-bentuk Latihan untuk Otot Perut
=> Latihan Otot Tungkai
Bentuk Latihan Gerakan Squat

Selasa
Latihan Kelentukan (Fleksibilitas)

Jenis latihan peregangan atau latihan fleksibilitas bisa pembaca lihat pada artikel di bawah ini:

=> Konsep dan Contoh Fleksibilitas dalam Olahraga

Rabu
=> Latihan Otot Bahu
=> Latihan Otot Punggung
Bentuk Latihan Otot Punggung
=> Latihan Otot Tungkai

Kamis
Latihan Kelentukan (Fleksibilitas)

Jum’at
=> Latihan Otot Dada
Bentuk Latihan Otot Dada
=> Latihan Otot Punggung
Bentuk Latihan Otot Punggung
=> Latihan Otot Tungkai

Latihan fitnes terkadang juga disebut latihan beban, mengenai bentuk-bentuk latihan beban bisa dilihat pada artikel Konsep dan Contoh Latihan Beban (Weight Training).

Untuk hari sabtu dan minggu, bisa digunakan untuk istirahat sambil melakukan kegiatan rekreasi. Tantangan yang menjadi godaan biasanya adalah pola tidur dan pola makan yang tidak sehat, sehingga banyak sekali yang gagal dalam mendapatkan hasil dari latihan fitnes ini.

Selain melakukan latihan fitnes, pola tidur dan pola makan juga harus kita atur supaya mendukung program latihan fitnes kita. Dengan tidur teratur maka otot kita akan terpulihkan dengan maksimal.

Itulah artikel fitnes yang berjudul program latihan fitnes untuk pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dunia olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

Sumber : Dunia Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *