Program Latihan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Efektif dan Menyenangkan

Program Latihan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Efektif dan Menyenangkan. Menurunkan berat badan dengan cepat biasanya sebuah keinginan yang diinginkan bagi mereka yang sedang melakukan penurunan berat badan. Banyak solusi yang ditawarkan untuk berusaha menurunkan berat badannya, seperti berolahraga dan menggunakan obat-obatan penurun berat badan. Cara yang lebih sehat, cepat, efektif dan menyenangkan adalah dengan melakukan latihan olahraga. Untuk memulai latihan menurunkan berat badan maka dibutuhkan sebuah program latihan yang menjadi pengontrol dalam melakukan latihan olahraga menurunkan berat badan. Program latihan merupakan sebagai rangkaian kegiatan olahraga yang tersusun secara sistematis.

Bagaimana latihan olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat, efektif dan menyenangkan?.

Pertanyaan tersebut mungkin muncul dalam benak kita. Melakukan latihan aerobik yang biasa atau disebut steady state menggunakan sepeda stationer dan treadmill di gym sebanyak empat kali seminggu dengan durasi waktu minimum 45 menit sudah pasti akan menurunkan berat badan. Tapi terkadang membuat kita cepat bosan karena durasi melakukannya lama dengan bentuk gerakan fisik yang monoton.

Supaya tidak membosankan dalam melakukan latihan olahraga menurunkan berat badan maka dibutuhkan bentuk alternatif latihan olahraga untuk menurunkan berat badan. Saat ini sudah ada jenis program latihan menurunkan berat badan dengan latihan olahraga berdurasi waktu yang singkat tapi memberikan manfaat yang luar biasa. Latihan olahraga tersebut adalah HIIT Workout (high intensity interval training). Latihan HIIT merupakan jenis latihan aerobik submaksimal dan anaerobik dengan durasi waktu yang singkat menggunakan sistem rest interval (ada jeda istirahat tiap setnya) berdurasi pendek.

Program Latihan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Efektif dan Menyenangkan

Latihan HIIT ini cocok digunakan bagi kita yang tidak bisa pergi ke gym. Latihan HIIT bisa dilakukan dengan aktivitas lari atau gerakan olahraga lainnya seperti plank, push up, squat, sit-up dsb. Dengan gerakan yang bisa divariasikan maka latihan HIIT bisa dimasukan ke dalam program menurunkan berat badan yang bersifat cepat, efektif dan menyenangkan.

Dengan latihan HIIT ini tubuh akan mendapatkan beberapa manfaat berupa peningkatan kemampuan kardiovaskular dan kualitas otot yang lebih bagus dari segi anatomi dan fisiologinya. Terlebih lagi, latihan ini menstimulasi metabolisme tubuh lebih banyak daripada program latihan penurunan berat badan dengan intensitas rendah merujuk pada penelitian Martin Gibala yang bisa dilihat disini.

Penelitian mengenai latihan HIIT sudah banyak dilakukan, seperti oleh Martin Gibala. Hasil penelitiannya bisa dilihat disini.

Program Latihan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Menggunakan Latihan HIIT

Berikutnya adalah membahas bagaimana program latihan penurunan berat dengan latihan HIIT menggunakan intensitas tinggi.

Konsep dasar latihan interval intensitas tinggi (HIIT) adalah: lakukan dengan secepat mungkin dalam waktu singkat (contoh lari cepat), kemudian diselingi waktu recovery menggunakan aktivitas dengan intensitas rendah (contoh berjalan). Kemudian ulangi sebanyak beberapa pengulangan.

Latihan HIIT ini bisa dilakukan di rumah atau ruang terbuka, tidak mesti kita pergi ke gym. Latihan HIIT menarik dan nyaman kan?.

Keuntungan dari latihan HIIT ini adalah kita cukup melakukan latihan selama 20 sampai 30 menit. Latihan HIIT ini bisa menjadi alternatif bukan, bagi mereka yang bosan melakukan latihan aerobik 60 menit.

Latihan interval intensitas tinggi untuk menurunkan berat badan ini, menuntut tubuh bekerja selama 2 sampai 5 menit kemudian waktu istirahat lebih pendek sekitar 30 sampai 60 detik. Kemampuan tubuh kita selama melakukan latihan harus didorong mencapai maksimal.

Program Latihan HIIT menggunakan Lari Cepat

Program latihan ini bisa dilakukan dengan berlari cepat dari sisi ke sisi di halaman belakang rumah dan kemudian berjalan kembali. Jika dilakukan di luar rumah, kita bisa mencari tiang telepon sebagai penanda untuk memulai berlari cepat ke arah tiang telepon lain selama waktu yang sudah ditentukan. Kemudian istirahat dengan intensitas rendah yaitu berjalan.

Sebelum melakukan kita harus mengetahui dan menyadari apakah kita termasuk orang yang beraktivitas fisik secara rutin atau tidak pernah beraktivitas fisik.

Berikut ini beberapa contoh latihan interval intensitas tinggi yang bisa kita gunakan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan.

Contoh Interval: Lari cepat 2 menit. – berjalan 30 detik
Berlari cepat 2 menit. – berjalan 1 menit
Berlari cepat 3 menit. – berjalan 45 detik
Berlari cepat 4 menit. – berjalan 1 menit
Berlari cepat 5 menit. – berjalan 1 menit
Berlari cepat 5 menit. – berjalan 30 detik

Program latihan menurunkan berat badan menggunakan latihan HIIT ini memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah:

  1. Membakar lebih banyak kalori dalam durasi yang lebih singkat.
  2. Merangsang metabolisme tubuh dan terus membakar kalori setelah selesai melakukan latihan.
  3. Meningkatkan performa olahraga secara signifikan saat berlatih dengan kecepatan tertinggi.
  4. Dibutuhkan minimal 3 kali latihan dalam waktu satu minggu.

Dengan melakukan latihan tersebut maka kita bisa menurunkan berat badan dengan cepat, efektif dan menyenangkan. Beberapa bentuk latihan HIIT sudah diposting pada artikel-artikel sebelumnya. Silahkan pilih pada menu di atas atau klik pada label kategori HIIT.

Itulah artikel mengenai program latihan menurunkan berat badan dengan cepat, efektif, dan menyenangkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca Teras Olahraga. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan di share. Terima Kasih.

(Visited 149 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.