Push Up dan Sit Up (mengukur daya tahan otot lengan dan perut)

Salam sobat teras olahraga. Artikel kali ini membahas mengenai prosedur pelaksanaan tes fisik untuk mengukur daya tahan otot lengan dan perut. Tes fisik yang digunakan adalah tes push up dan sit up. Gerakan push up dan sit up sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat, sehingga dalam melakukan tes ini tidak akan terlalu susah untuk dilakukan.

Tujuan mengukur daya tahan otot adalah untuk mengukur kemampuan sekelompok otot dalam bekerja secara terus menerus. Dengan diketahuinya tingkat daya tahan otot seseorang, maka akan bisa dikorelasikan dengan hasil gerak dasar yang dilakukan.

Push Up

Tujuan : Mengukur komponen daya tahan otot lokal otot lengan dan bahu (ekstensor)

Alat : Bidang datar

Pelaksanaan :

tes fisik push up dan sit up

Sampel berbaring dengan sikap telungkup, kedua tangan dilipat disamping badan. Kedua tangan menekan lantai dan diluruskan, sehingga badan terangkat, sedangkan sikap badan dan tungkai merupakan garis lurus.

Setelah itu diturunkan badan dengan cara membengkokkan lengan pada siku, sehingga dada menyentuh lantai. Lakukan gerak tersebut secara berulang-ulang dan terus menerus sampai orang coba tidak dapat mengangkat badannya lagi.

Skor : Jumlah push up yang benar dalam waktu 1 menit.

Sit Up

Tujuan : Mengukur komponen daya tahan otot perut

Alat : Matras

Pelaksanaan :

Sampel tidur terlentang, kedua tangan saling berkaitan di belakang kepala, kedua kaki dilipat hingga membentuk sudut 90 derajat, seorang pembantu memegang erat kedua pergelangan kaki sampel dan menenkannya pada saat sampel bangun.

tes fisik push up dan sit up

Sampel berusaha bangun sehingga berada dalam sikap duduk dan kedua siku dikenakan pada kedua lutut dan kemudian dia kembali ke sikap semula. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dan kontinyu, sampai sampel tidak mampu mengangkat badannya lagi, perhatikan agar sikap tungkai selalu membentuk sudut 90 derajat pada waktu melakukan sit up.

Skor : Jumlah gerakan sit up yang benar dalam waktu 1 menit.

Itulah artikel mengenai tes fisik push up dan sit up untuk mengukur daya tahan otot lengan dan perut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

(Visited 13 times, 1 visits today)
Push Up dan Sit Up (mengukur daya tahan otot lengan dan perut) | Kang Ikal | 4.5